Meksiko Skors Delapan Pemain Indisipliner

Kamis, 30 Juni 2011 – 20:14 WIB
BUENOS AIRES - Jangan kaget jika melihat Meksiko babak belur di ajang Copa America 2011Sebab, selain tak menurunkan skuad utama yang baru saja merajai pentas Piala Emas CONCACAF, El Tri - julukan timnas Meksiko - kemarin juga baru saja mencoret delapan pemain yang diproyeksi tampil di Copa America 2011

BACA JUGA: Tsonga Jegal Ambisi Federer

Federasi Sepak Bola Meksiko atau Femexfut terpaksa mencoret mereka karena indisipliner.

Delapan pemain itu antara lain striker Javier Cortes, bek kanan Israel Jimenez, defender Nestor Vidrano, serta Marco Fabian, Nestor Calderon, Jonathan Dos Santos, Jorge Hernandez, dan David Cabrera
Lima nama terakhir berposisi sebagai gelandang.

"Kedelapan pemain diskors enam bulan atas tindakan indispliner yang mereka lakukan di Quito

BACA JUGA: PSM Gunakan Jersey Baru

Juga denda 50 ribu peso (sekitar Rp 36 juta) untuk setiap pemain," tutur Hector Gonzalez, direktur timnas Femexfut, kepada Associated Press.

Gonzalez enggan membeberkan tindakan indispliner delapan pemain tersebut
Namun, dari kabar yang beredar, tindakan indispliner itu adalah aksi delapan pemain itu mengajak beberapa wanita malam ke dalam kamar hotel tim saat melakoni uji coba di Quito, Ekuador (25/6)

BACA JUGA: PBSI Incar Finalis Kejuaraan Asia Junior

Diduga, tindakan itu mereka lakukan untuk merayakan kemenangan 1-0 Meksiko atas Ekuador lewat gol semata wayang Fabian pada menit ke-72.

Keterangan dari Robert Ramia, manajer hotel skuad Meksiko di Quito, memperkuat kebenaran berita itu"Kami memiliki rekaman video (dari CCTV) apabila ada beberapa wanita memasuki area hotel dengan pria dengan kostum tim Meksiko," ungkapnya dalam program berita di salah satu stasiun televisi Ekuador, Ecuavisa.

Kasus indispliner pemain sepertinya merupakan penyakit lama MeksikoPada September 2010, 13 pemain El Tri kedapatan menggelar pesta bersama wanita panggilan seusai uji coba lawan Kolombia di MonterreyNamun, hanya dua pemain, masing-masing Carlos Vela dan Efrain Juarez, yang mendapat skors enam bulan.

Kasus indispliner pemain sekaligus menjadi aib kedua Meksiko dalam tiga pekan terakhirDi sela-sela perhelatan Piala Emas CONCACAF (11/6), lima pemain Meksiko diumumkan positif doping jenis clenbuterolKelimanya adalah Guillermo Ochoa, Francisco Javier Rodriguez, Edgar Duenas, Antonio "Sinha" Naelson, dan Christian Bermudez.

Di sisi lain, pelatih Meksiko di Copa America Luis Fernando Tena cukup terpukul dengan kasus yang dialami delapan anak asuhnyaApalagi beberapa di antaranya merupakan pemain andalan seperti Fabian dan JonathanNama terakhir merumput di Barcelona B dan adik kandung Giovani dos Santos.

"Sulit mengomentari kejadian yang sungguh tidak diharapkan ini," ucap Tena kepada Ole.

"Saya sudah berbicara dengan para pemainMereka kecewa, menyesal, dan siap meminta maaf secara terbuka di depan publik MeksikoSaya menghargainya dan memaklumi, karena mereka memang masih muda-muda," sambungnya.

Skuad Meksiko di Copa America memang terdiri dari pemain muda alias dari Meksiko U-22 plus tambahan lima pemain seniorTena pun sebenarnya asisten pelatih Meksiko, tapi dipercaya menangani tim di Copa America mengisi pos Juan Manuel de la Torre.

Seiring kehilangan delapan pemain, delapan pemain pengganti langsung diterbangkan dari Meksiko ke Argentina kemarinMereka adalah Kristian Alvarez dan Osvaldo Alanis (keduanya defender), Ulises Davila dan Alan Pulido (keduanya striker), serta Diego de Buen, Edgar Pacheco, Antonio Gallardo dan Carlos Orrantia yang keempatnya berposisi striker.

"Kami seperti melakukan persiapan dari awal lagi karena delapan pemain bukan jumlah yang sedikit," jelas TenaMeksiko akan mengawali perjuangannya di Copa America menghadapi Cile di San Juan Selasa WIB (5/6)Selain Cile, Meksiko yang menghuni grup C itu bakal bersaing dengan juara 14 kali Uruguay dan juara dua kali Peru(dns/bas)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tango Harapkan Motivasi dari Suri


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler