Melihat Sepak Terjang Aqua Memajukan Olahraga Indonesia

Minggu, 17 Desember 2017 – 18:31 WIB
Vice President General Secretary Danone Indonesia Vera Galuh Sugijanto dan Ketua Umum Inasgoc Erick Thohir. Foto: Istimewa for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Komitmen Danone Indonesia terhadap dunia olahraga tanah air sudah tidak perlu diragukan lagi.

Danone Indonesia sudah berulang kali menyelenggarakan event berskala nasional dan internasional.

BACA JUGA: Jelang Asian Games 2018, Stadion Wibawa Mukti Dipoles

Vice President General Secretary Danone Indonesia Vera Galuh Sugijanto menjelaskan, kiprah PT Tirta Investama selaku produsen Aqua dalam mendukung perkembangan olahraga tanah air sudah dimulai sejak dulu.

Salah satu event terus digelar adalah Aqua Danone Nations Cup. Event sepak bola usia dini itu bertujuan menjaring bibit demi kemajuan olahraga Indonesia.

BACA JUGA: Gandeng Ponpes, Danone Aqua Tingkatkan Ekonomi Santri

"Pada perhelatan Aqua Danone Nations Cup, Indonesia mengirimkan tim Garuda Muda, Batu Agung dari Kalimantan Selatan untuk mengikuti final dunia Danone Nations Cup di Red Bull Arena, New York, AS September silam," jelas Vara, Minggu (17/12).

Dia menambahkan, ajang yang telah berlangsung selama 15 tahun itu diikuti oleh ribuan tim U-12 di seluruh Indonesia.

BACA JUGA: PB PRSI Harus Bergerak Cepat

Event itu telah menghasilkan ratusan pemain berbakat yang memperkuat klub-klub sepak bola di Indonesia.

Panitia pelakasana Aqua Danone Nations Cup 2017 setidaknya mencatat sebanyak sebelas ribu tim U-12 mengikuti penyisihan regional di 160 kota dan kabupaten di seluruh Indonesia.

" Aqua Danone Nations Cup telah telah berlangsung sejak 15 tahun silam. Hal ini menjadi bukti salah komitmen Aqua dalam mendukung bakat dan talenta atlet-atlet sepak bola muda di seluruh Indonesia," kata Vera.

Beberapa bintang sepak bola Indonesia yang lahir dari Aqua Danone Nations Cup, antara lain, Adam Alis, Andik Vermansyah, Rasyid Bakri, Muchlis Hadi Ning Syaifulloh, dan Evan Dimas Darmono.

Perusahaan yang telah berdiri selama 44 tahun itu juga menggelar Bali Marathon pada Agustus lalu.

Pada lomba yang diikuti oleh sembilan ribu peserta itu, Aqua tak hanya mengajak para peserta sehat secara jasmani, tapi melakukan edukasi dalam pengelolaan sampah botol plastik.

"Kami mengedukasi para peserta dengan menyediakan tempat pengumpulan sampah botol plastik. Hal ini sekaligus untuk mendorong peserta turut serta dalam daur ulang sampah kemasan plastik. Sampah botol plastik yang terkumpul kemudian akan dibawa ke unit bisnis daur Ulang (recycling business unit/RBU) untuk diproses menjadi plastik cacahan yang dapat diolah menjadi produk bermanfaat seperti bahan baku bantal dan produk tekstil lainnya," ujar Vera.

November 2017 lalu, Aqua juga mendukung ajang Jawa Post Fit East Java Half Marathon yang melintasi jembatan Suramadu sepanjang 5.438 meter.

Perusahaan air minum dalam kemasan yang paling di gemari masyarakat itu mendukung pemenuhan hidrasi sehat bagi enam ribu peserta melalui penyediaan air mineral Aqua dan isotonic Mizone.

Berbagai dukungan itu yang membuat Kementerian Pemuda dan Olahraga memberi penghargaan kepada Aqua sebagai salah satu Pelaku Olahraga Berprestasi 2017 pada puncak Hari Olahraga Nasional (Haornas) XXXIV di Magelang, Jawa Tengah, 9 September 2017.

Danone Indonesia juga terlibat dalam Asian Games 2018. Panitia Pelaksana Asian Games (Indonesia Asian Games Organizing Committee/Inasgoc) telah memilih Aqua sebagai minuman resmi air mineral dalam kemasan (AMDK).

Vera dan Ketua Umum Inasgoc Erick Thohir menandatangani nota kesepahaman di Kantor Wakil Presiden Republik Indonesia, Jalan Merdeka Utara, Jakarta, Rabu (6/12).

Penandatanganan kerja sama itu juga disaksikan Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Menpora Imam Nahrawi.

JK, sapaan karib Jusuf Kalla, mengucapkan terima kasih kepada sembilan perusahaan swasta nasional, termasuk Danone Indonesia, yang mendukung Asian Games 2018.

Menurut JK, Asian Games memiliki arti penting bagi bangsa Indonesia.

“Dalam sejarah, kita pernah menggelar Asian Games pada 1962 silam. Kerja sama ini penting, Indonesia akan menjadi tuan rumah Asian Games dan tentunya seluruh dunia akan melihat wajah kita, wajah Indonesia. Komitmen perusahaan swasta yang telah bersinergi dan bekerja sama menjadi sponsorship akan mampu mendorong kelancaran Indonesia dalam menyelenggaraan Asian Games 2018," kata JK. (jos/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Timnas Balap Sepeda Bakal Diasah di TdI 2018


Redaktur & Reporter : Ragil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler