Membentuk Peta Daerah dari Nasi Tumpeng, Pemkab Karawang Raih Rekor MURI

Minggu, 15 September 2024 – 07:01 WIB
Foto udara membentuk peta Karawang dari nasi tumpeng. ANTARA/HO-Pemkab Karawang

jpnn.com - KARAWANG - Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, meraih rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) karena berhasil membentuk peta Karawang dari 1.800 nasi tumpeng.

Senior Manager Rekor MURI Triyono mengatakan bahwa rekor nasi tumpeng sebelumnya diraih oleh Kabupaten Sukabumi, namun rekor tersebut ditumbangkan oleh Kabupaten Karawang.

BACA JUGA: Tanggulangi Abrasi di Karawang, PHE ONWJ Gunakan Ban Bekas

"Hari ini Karawang mencetak rekor yang bukan hanya nasional saja, tetapi dunia karena belum pernah ada yang membentuk peta besar dengan nasi tumpeng sebanyak di Karawang," katanya di Karawang, Sabtu (14/9).

Menurut dia, sesuai hasil verifikasi dan validasi data rekor, maka Karawang kini meraih rekor dunia yang membentuk peta besar menggunakan nasi tumpeng.

BACA JUGA: Duplantis Fantastis! Rekor Dunia Lompat Galah Pecah di Olimpiade Paris 2024

Berdasarkan verifikasi, katanya, tercatat bahwa peta Karawang yang dibentuk seluas 25 x 30 meter dengan menggunakan nasi tumpeng sebanyak 1.600 tumpeng itu masuk rekor terbesar di dunia.

"MURI meyakini bahwa ini adalah yang terbesar di dunia. Jadi pada hari ini izinkan kami dari Museum Rekor Dunia Indonesia memberikan piagam penghargaan rekor dunia untuk Pemkab Karawang,” katanya.

BACA JUGA: King Royal Pride 2024 Cetak Rekor MURI Pelukisan Graffiti Serentak 100 Kota

Bupati Karawang Aep Syaepuloh menyampaikan rasa bahagianya atas pencapaian rekor dunia tersebut.

"Ini keberhasilan kita semua, masyarakat, pihak swasta dan pemerintah daerah," katanya.

Aep mengatakan bahwa setelah pembuatan peta itu tercatat sebagai rekor dunia, maka nasi tumpeng dibagikan secara gratis untuk masyarakat.

Selain itu, ada banyak keberkahan yang didapat dalam pencatatan rekor ini, yakni membuat para pengusaha katering dan rumahan kebanjiran order.

"Saya tadi dapat laporan ada yang dari rumahan kedapatan 5-10 order nasi tumpeng. Ini artinya membantu perekonomian khususnya sektor UMKM," ungkap Aep.  (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler