Membidik Posisi Algojo Utama Inggris

Rabu, 19 Mei 2010 – 11:08 WIB
ENGLAND - Para punggawa timnas Inggris (dari kiri), David James, Frank Lampard, Rio Ferdinand, Wayne Rooney, John Terry dan Ashley Cole. Foto: Clive Rose/Getty Images.
IRDNING - Frank Lampard punya ambisi khusus bersama Inggris di Piala Dunia 2010Bukan ingin membuktikan penampilannya di timnas sama bagusnya dengan di klub

BACA JUGA: Skuad Korsel Tersisa 26 Pemain

Melainkan tekad gelandang Chelsea itu mempertahankan predikat sebagai penendang penalti (algojo) utama Inggris.

Sejak 2005, Lampard menggantikan posisi David Beckham sebagai algojo nomor satu Three Lions (sebutan Inggris)
Sejak saat itu, Lampard mampu melesakkan lima gol penalti bagi Three Lions

BACA JUGA: Daftar Resmi FIFA untuk Skuad Sementara

Ketenangan dan akurasinya memang dianggap paling bagus di antara pemain Inggri saat ini.

"Saya ingin terus dipercaya sebagai algojo penalti Inggris karena saya merupakan pilihan utama dalam beberapa tahun terakhir," kata Lampard sebagaimana dilansir Sky Sports.

"(Didier) Drogba tidak bermain bagi Inggris
Jadi, saya tidak akan berdebat lagi saat hendak mengambil penalti," gurau Lampard mengacu insiden saat Chelsea mengalahkan Wigan 8-0 (9/5).

Masalahnya, asa Lampard itu hanya tiga hari pasca kegagalannya sebagai algojo Chelsea di final Piala FA Sabtu lalu (15/5)

BACA JUGA: Ballack Dipastikan Tak ke Afsel

Tidak hanya ituDi Piala Dunia 2006, Lampard pernah gagal saat adu penalti melawan Portugal di perempat finalPadahal, kala itu dia bertindak sebagai algojo pertama.

"Kegagalan (penalti) di final Piala FA tidak memengaruhi saya apa punSemua orang pernah gagal dan saya masih percaya diri dengan kemampuan saya," jelas Lampard yang memiliki 77 caps dan 20 gol itu.

Lampard lantas menyodorkan bukti dirinya algojo handal dengan statistiknya di Premier League musim iniLampard menahbiskan diri sebagai pemain paling subur untuk urusan mengambil penalti di Premier League musim iniDia sukses melesakkan sepuluh gol lewat tendangan 12 pas itu.

Upaya Lampard menyandang status algojo utama Inggris menuai dukungan dari Gary LinekerEks penyerang Inggris itu menilai Lampard sebagai pemain geniusSekalipun masih ada nama seperti Steven Gerrard dan Wayne Rooney yang dipercaya sebagai algojo utama di klubnya masing-masing, Lineker masih menganggap Lampard paling terpercaya.

"Saat pemain lain menjajal peruntungan baru sebagai eksekutor penalti, bagi Lampard merupakan hal biasaLebih baik memberikan sesuatu kepada yang sudah berpengalaman," tutur Lineker kepada Daily Telegraph.

Urusan penalti memang sangat krusial bagi InggrisThree Lions tercatat lima kali tersisih dari lima even major karena penaltiDi antaranya dari Jerman di Piala Dunia 1990 dan Euro 1996, Portugal di Euro 2004 dan Piala Dunia 2006, lalu Argentina di Piala Dunia 2008.

Inggris pun hanya sekali memenangi kontes adu penaltiYakni, saat menyingkirkan Spanyol di perempat final Euro 1996Kala itu, Inggris yang berstatus tuan rumah menang 4-2(dns)

Calon Algojo Utama Inggris
Pemain                  Catatan
Frank Lampard
    Mencetak penalti paling banyak musim ini di Premier LeagueSepuluh sukses, dua gagal.
Steven Gerrard    Tidak pernah gagal dalam sepuluh eksekusi terakhirnya.
Wayne Rooney    Tidak pernah gagal dari tujuh kesempatan musim ini.
Gareth Barry         Bukan algojo utama di Manchester City, tapi memasukkan sembilan dari sepuluh kali eksekusi saat membela Aston Villa musim lalu.
Darren Bent         Tiga kali gagal dari delapan kali kesempatan penalti musim iniBelum tentu masuk skuad utama.
Jermain Defoe    Gagal lima kali dari sebelas kesempatan.
James Milner       Enam gol, tiga kali gagal.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Domenech Eliminasi Enam Pemain


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler