Memenangkan Ganjar Pranowo di Sumbar Memang Takmudah, Jokowi Pernah 2 Kali Kalah

Selasa, 04 Juli 2023 – 23:12 WIB
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (tengah) bersama Ketua DPD PDIP Sumbar Alex Indra Lukman (kiri) dan Bupati Dharmasraya Sutan Rizka Tuanku Kerajaan (kanan) saling bergenggaman tangan di Rakerda DPD PDIP Sumbar di Padang, Selasa (4/7). Foto: Humas DPP PDIP

jpnn.com, PADANG - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP menghadapi tantangan berat di Sumatera Barat (Sumbar).

Menurut Ketua Dewan pimpinan Daerah (DPD) PDIP Sumbar Alex Indra Lukman, party-id atau identifikasi partai banteng tersebut di provinsi berjuluk Ranah Minang itu masih rendah.

BACA JUGA: Hasto ke Padang, Bu Mega Punya Pesan untuk Banteng Ranah Minang

Party-id adalah kedekatan psikologis antara seseorang dengan partai tertentu. “Kita akui bahwa party-id (PDIP) sangat rendah,” ujar Alex pada Rakerda DPD PDIP Sumbar di Padang, Selasa (4/7).

Menurut Indra, hal yang khas dari Sumbar ialah kedekatan seseorang dengan komunitas. Oleh karena itu, PDIP menggunakan pendekatan komunitas dalam menyusun daftar calegnya untuk Pemilu 2024 di Sumbar.

BACA JUGA: Bisa Jadi PDIP Baru Umumkan Cawapres bagi Ganjar Sesudah Agustus, Begini Kalkulasinya

“Yang tinggi itu adalah community-id. Jadi, penyusunan caleg ini pun berdasarkan daerah asal atau daerah kelahiran,” kata Alex dalam pertemuan yang dihadiri Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto itu.

Meski demikian, Alex menegaskan kader-kader PDIP di Sumbar tidak patah semangat dalam menghadapi pesta demokrasi mendatang.

BACA JUGA: Pantun Hasto PDIP dan Karmina Kang Emil, Sinyal soal Cawapres untuk Ganjar Pranowo?

Kader PDIP di Sumbar, kata Indra, juga akan getol mengampanyekan Ganjar Pranowo sebagai capres dari partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu.

“Walaupun kemudian susah, sulit kondisi itu, tidak membuat kami menyerah dan kami akan menyosialisasikan Pak Ganjar Pranowo,” kata Alex.

Pada kesempatan itu, Hasto mengakui PDIP memang belum begitu diterima oleh masyarakat Sumbar. Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun selalu kalah suara dalam dua pilpres di provinsi berslogan Tuah Sakato itu.

Namun, Hasto meyakini pendekatan dengan cara-cara yang baik akan mampu menarik simpati pemilih.

Peraih gelar doktor ilmu geopolitik dari Universitas Pertahanan itu pun mengharapkan para kader PDIP di Sumbar senantiasa menunjukkan kinerja baik di masyarakat.

“Sekeras apa pun tangangan yang dihadapi, mata hati akan berubah menjadi kelembutan sehingga PDI Perjuangan diterima dan mencapai target di Sumbar,” ucap Hasto.(Antara/jpnn.com)

Video Terpopuler Hari ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pak Ganjar Orangnya Asyik, Mau Belajar dari Kreativitas Gen Z dan Milenial


Redaktur : Antoni
Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler