Memori Manis Chelsea di Hari Natal, Jalan Menjuarai EPL

Rabu, 24 Desember 2014 – 09:47 WIB
Pelatih Chelsea, Jose Mourinho. Foto AFP

jpnn.com - STAFFORDSHIRE - Chelsea selalu memiliki memori yang sangat manis berkaitan dengan Hari Natal. Jika The Blues "julukan Chelsea" menjadi pemuncak klasemen jelang Natal, maka sejarah mencatat, mereka selalu keluar menjadi juara English Premier League (EPL).

Chelsea berada di posisi pertama jelang Natal pada musim 2004-2005, 2005-2006, dan 2009-2010. Dari tiga musim tersebut Chelsea mencetak rekor sempurna, semuanya mereka tuntaskan, bablas menjadi kampiun.

BACA JUGA: Persipura Siapkan Rp 35 Miliar

Oleh karena itulah, Manajer Chelsea Jose Mourinho gembira bukan main saat timnya meraih kemenangan 2-0 di Britannia Stadium, kandang Stoke City, dini hari tadi.

Tambahan tiga angka membuat Chelsea kembali menjaga jarak dengan juara bertahan Manchester City. Chelsea sukses mengoleksi 42 poin, berselisih tiga poin dari City yang berada di posisi kedua.   

BACA JUGA: Asian Games Indonesia Sedot 1,3 Miliar Penonton

Bagi pelatih kelahiran Setubal, Portugal tersebut, kemenangan tersebut sangatlah penting dan krusial dalam menentukan perjalanan timnya musim ini.

"Dalam opini saya, kami adalah tim terbaik, sebab kami memang menjadi tim terbaik sampai hari ini (kemarin, red). Oleh karena itulah, kami berada di puncak," ucap pria yang menyebut dirinya The Special One itu sebagaimana dilansir London Evening Standard.

BACA JUGA: Miskin Prestasi, Pebulutangkis Tunggal Putri Dianggap Minder

Mou "panggilannya" mengatakan sangat sulit untuk mengalahkan Stoke di kandang mereka. Sebab, The Potters terkenal sebagai tim dengan karakter keras dan mengandalkan kekuatan fisik untuk menggebrak lawan-lawannya.
    
Namun Chelsea beruntung karena melakukan start cepat pada menit ke-2 ketika kapten John Terry sukses menanduk bola hasil tendangan sudut Cesc Fabregas.

Itulah gol pertama Terry musim ini, menjadikan bek tengah berusia 34 tahun tersebut selalu mencetak gol dalam 15 musim beruntun di Premier League. Sejak memulai karirnya di tim utama Chelsea pada musim 1998-1999, Terry hanya gagal menceploskan bola dalam dua musim awalnya.

Sedangkan untuk Fabregas, tambahan satu assist membuat dia mengumpulkan 12 assist di Premier League musim ini. Jumlah itu hanya terpaut satu lebih sedikit, ketimbang skipper Liverpool Steven Gerrard yang menjadi top assist musim lalu.   

Kalau konsisten, bisa saja Fabregas menyalip rekor assist dalam sejarah Premier League yang dibukukan oleh legenda Arsenal Thierry Henry. Pemain Prancis itu mencatat 20 assist pada musim 2002-2003.

Dan Fabregas melangkapi penampilan hebatnya dengan mencetak gol kedua Chelsea pada menit ke-77. Tendangan pelannya hanya dari jarak 10 meter, tidak mampu diantisipasi oleh kiper Stoke Asmir Begovic.

"Penampilan kami sangat fantastis. Saya kira ini adalah kemenangan yang artinya lebih besar ketimbang hanya tiga angka," ucap Mou.

"Saya sangat bahagia dengan kemenangan ini. Sebab kami memang di salah satu tempat paling sulit untuk meraih kemenangan," imbuhnya.

Tugas Chelsea untuk menuntaskan musim ini menjadi juara tentu saja terjal. Dalam periode Natal sampai Tahun Baru saja misalmua, Chelsea akan menjamu West Ham United di Stamford Bridge dalam boxing day (26/12). Lalu berturut-turut bertandang ke markas Southampton dan Tottenham Hotspur.

"Tidak ada tim lain di Premier League yang menghadapi laga seberat kami. Tiga laga away melawan Stoke, Southampton, dan Tottenham, dan satu laga kandang melawan West Ham United. Big Sam (manajer West Ham, Sam Allardyce) melakukan hal yang luar biasa musim ini," papar Mou.

Tetapi di sisi lain, manajer Stoke Mark Hughes menegaskan bahwa Chelsea bisa melewati itu semua dan melesat menjadi juara di akhir musim. Bagi pelatih 51 tahun tersebut, catatan Chelsea yang hanya kalah sekali dalam 17 laga sudah menjelaskan semuanya.

"Saya akan mengatakan ya, mereka bisa menjadi juara. Mereka sangat kuat. Akan ada beberapa tim bagus yang akan mencoba untuk mengejar mereka, namun mereka memiliki peluang terbesar. Lebih baik dari hampir semua tim," ucap Hughes sebagaimana dilansir BBC. (nur)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Diverifikasi PT LI, Persipura-Perseru Tak Datang


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler