Menaker Apresiasi Peran Pekerja Migran Indonesia di Qatar

Jumat, 04 Juni 2021 – 21:20 WIB
Menaker Ida Fauziyah mengapresiasi peran PMI di Qatar dan berharap kerja sama kedua negara dapat terjalin di berbagai bidang. Foto: Kemnaker.

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengapreasi peran Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Qatar.

Hal itu disampaikan Ida saat menerima kunjungan kehormatan (courtesy call) Dubes RI di Qatar, Ridwan Hassan, di kantor Kemnaker Jakarta, Jumat (4/6).

BACA JUGA: Kemnaker Kawal Proses Rencana PHK Giant

Dalam pertemuan singkat tersebut, Menaker Ida Fauziyah juga memberikan apresiasi kepada Dubes atas kerja kerasnya dalam melayani dan melindungi PMI di Qatar.

"Kemnaker memberikan apresiasi dengan aktivitas yang beragam, PMI di Qatar memiliki image yang baik, sebagai pekerja profesional. Kami berharap ke depan kerja sama Indonesia dan Qatar di berbagai bidang, termasuk di bidang ketenagakerjaan semakin meningkat," ujar Ida Fauziyah.

BACA JUGA: Kemnaker Apresiasi KSPI Hentikan Aksi Boikot Indomaret

Politikus PKB itu mengungkapkan Dubes RI di Qatar telah menjalankan proses pendampingan PMI di Qatar dengan sangat baik. Salah satunya dalam penanganan Covid-19.

"Engagement antara KBRI Doha dan masyarakat menjadi kunci keberhasilan penanganan Covid-19 di Qatar," kata Menaker Ida.

BACA JUGA: Kemnaker Jajaki Kerja Sama Dengan MES untuk Kemandirian BLK Komunitas

Ida Fauziyah juga menyambut baik diterbitkannya buku Mutiara Inspirasi dari Qatar yang berisi kisah-kisah sukses PMI di Qatar.

"Buku Ini bisa memberi motivasi positif bagi PMI dan CPMI yg lain dan diharapkan buku ini dapat disebarluaskan di desa migran produktif (Desmigratif)," katanya.

Kepada Menaker, Dubes Ridwan pun menyampaikan ada beberapa rencana investasi besar di Qatar, berupa pengembangan lapangan produksi gas maupun investasi Qatar di Indonesia.
"Kesemuanya diharapkan membuka lapangan kerja di Indonesia," katanya.

Dubes Ridwan Hassan juga menyebut pentingnya peranan 12 ribu PMI dari 17 ribu WNI di Qatar dalam membangun citra Indonesia di Qatar. Selama ini PMI di Qatar dikenal sebagai komunitas yang aktif, dinamis, dan beragam.

Bahkan secara ekonomi, komunitas Diaspora Indonesia juga telah berperan dalam pembangunan di Qatar. PMI di Qatar antara lain turut merintis industrialisasi migas di Qatar pada akhir 1990-an.

"PMI di Qatar telah berkontribusi besar dalam menjadikan Qatar kaya raya sampai saat ini," ujar Dubes Ridwan Hassan didampingi oleh Pelaksana Fungsi Penerangan Sosial dan Budaya, Ali Murtado dan Atase Tenaga Kerja KBRI Doha, Muchammad Yusuf.

Dubes Ridwan menambahkan peran besar WNI di Qatar semakin diakui dengan dipilihnya Indonesia menjadi partner country dalam penyelenggaraan Qatar Year of Culture (YoC) 2023, sebuah festival kebudayaan paling bergengsi di Qatar.

"Dipilihnya Indonesia sebagai partner country YoC menjadikan Indonesia sebagai negara Asia Tenggara pertama yang menjadi partner country YoC. Peran PMI di Qatar dalam mensukseskan YoC akan sangat penting," katanya.

Pada acara tersebut turun mendampingi Sesditjen Binapenta Kemnaker, Eva Trisiana dan Plt. Direktur PTKLN, Rendra Setiawan. (jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur & Reporter : Elvi Robia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
PMI   Kemnaker   Qatar   lapangan kerja  

Terpopuler