Menakertrans Gencar Bangun Rumah Sewa untuk Buruh

Jumat, 27 April 2012 – 16:13 WIB
BATAM – Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar, mengatakan Kemenakertrans terus berupaya meningkatkan kesejahteraan buruh. Karenanya, kata Muhaimin, Kemenakertrans bekerja sama dengan Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) dan Jamsostek membangun Rumah Susun Sejahtera Sewa (rusunsewa) untuk buruh di berbagai daerah.

Kemenakertrans membangun  rusunawa 36 blok yang mampu menampung 7.548 pekerja di Batam yang diresmikan langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

“Di Jawa Barat, kawasan Industri Jababeka, Cikarang juga dibangun rusunawa dengan nilai Rp220 miliar. Ini pembiayaan dari Jamsostek,” kata Muhaimin saat menemani Presiden SBY dan Ibu Negara Ani Yudhoyono menyaksikan penyerahan secara simbolis surat keterangan rehabilitasi rumah tidak layak huni sebanyak 3.625 unit oleh Gubernur Kepri Muhammad Sani, di Batam, Jumat (27/4).

Peresmian penggunaan secara penuh Rusun Sewa di Kabil ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Presiden. Selain itu, Presiden juga menyaksikan penyerahan bantuan pinjaman uang muka rumah pekerja dan empat ribu paket sembako kepada masyarakat di sekitar Rusun Sewa Jamsostek di Kabil ini.

Pada kesempatan yang sama, Muhaimin juga secara simbolis menyerahkan kunci Rusunawa kepada perwakilan penghuni dan beasiswa PT Jamsostek untuk 43.380 siswa-siswi dan perguruan tinggi se-Indonesia senilai Rp80 miliar.

Dijelaskan Muhaimin, Rumah Sewa di Kabil Industrial Estate terdiri dari 20 blok telah didesain untuk mengakomodir keperluan pekerja penyandang cacat dengan perbandingan 100 : 1 kamar bagi pekerja penyandang cacat.

“Rusunsewa yang berkapasitas untuk 4.000 pekerja/buruh yang dibangun oleh PT Jamsostek (Persero) dan 8 blok Rusunsewa yang dibangun oleh Kementerian Perumahan Rakyat siap dihuni,” kata Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu. 

Masih untuk perumahan buruh, Muhaimin mengatakan telah dibangun sebanyak 1.008 unit oleh Tim Program Percepatan Pembangunan Perumahan Pekerja/Buruh dalam rangka Peningkatan Kesejahteraan Pekerja/Buruh (Tim P5KP) yang beranggotakan lintas sektor. Lokasinya di lahan PT Sango Industri Keramic, Jawa Tengah dan Industri Karet Deli, Sumatera Utara.  Guna lebih mempercepat peningkatan kesejahteraan pekerja/buruh, Kemenakertrans bersama dengan Kemenpera dan PT Jamsostek  (Persero) pada 23 April 2012 melakukan kerjasama percepatan pembangunan perumahan pekerja/buruh dengan penandatangan Kesepakatan Bersama tentang Penyediaan Perumahan Umum Bagi Pekerja/Buruh di Lingkungan Perumahan Baru dengan Teknologi Tepat Guna.

“Tindak lanjut dari MoU ini akan dibangun  rumah pekerja di Jawa Tengah pada lahan yang disediakan oleh PT Sritex, PT Sido Muncul dan PT Nissin, dan juga akan dibangun Rusunawa sejumlah 20 blok di Kabupaten Bekasi, 20 blok di Kota/Kabupaten Tangerang dan di Kota Surabaya yang saat ini sedang dipersiapkan lahannya,” jelasnya. (boy/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Beli Tas Aspal Bisa Dipidana

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler