Menang Dramatis dari Slovenia, Prancis Ketemu AS di Final Bola Basket Putra Tokyo 2020

Kamis, 05 Agustus 2021 – 20:54 WIB
Bintang Slovenia Luka Doncic. Foto: Twitter@NBA

jpnn.com, TOKYO - Timnas Prancis melangkah ke final cabang olahraga bola basket nomor putra Olimpiade Tokyo 2020 usai menang melawan Slovenia pada laga semifinal di Saitama Super Arena, Kamis (5/8) WIB.

Blok dari Nicolas Batum terhadap upaya Klemen Prepelic di detik-detik akhir pertandingan membuat Prancis menang dengan skor 90-89 atas Slovenia.

BACA JUGA: Basket Olimpiade Tokyo: Sempat Tertinggal, Amerika Serikat Bangkit dan Pukul Australia di Semifinal

Pada pertandingan ini pemain Slovenia Luca Doncic berhasil mencatatkan triple double dengan 16 poin, 18 assist dan sepuluh rebound.

Catatan itu membuat dirinya berhasil menyamai LeBron James di Olimpiade London 2012 yang juga mencatatkan hal serupa.

BACA JUGA: Sepak Bola Putri Tokyo 2020: Akhirnya Amerika Serikat Bawa Pulang Medali

Namun, catatan apik Luka Doncic ternyata belum mampu membawa Slovenia lolos ke final karena di kubu Prancis, beberapa pemain mereka juga bermain apik.

Pada laga ini Nando de Colo dan Evan Fournier bermain luar biasa dengan menjadi mesin poin Prancis.

BACA JUGA: Pak Polisi Meraih Emas Jalan Cepat Putra 20 Km Olimpiade Tokyo 2020

Nando De Colo finis dengan 25 poin, tujuh rebound dan mencatatkan 100 persen tembakan bebasnya di laga ini.

Pemain lainnya Evan Fournier juga tampil mengesankan dengan menambahkan 23 poin, lima rebound dan beberapa kali merusak momentum Slovenia untuk bangkit melalui tembakan tiga angkanya.

Timothe Luwawu Cabarrot yang bermain dari bangku cadangan juga berhasil menambahkan 15 angka dan mencetak tembakan tiga angka penting di satu menit menjelang pertandingan usai.

Center Prancis Rudy Gobert juga tampil solid untuk menjaga area lubang kunci Prancis dengan menghasilkan sembilan poin dan 16 rebound di laga ini.

Penentu kemenangan Prancis atas Slovenia, Nicolas Batum pada pertandingan ini memang hanya mencetak tiga angka, tetapi dirinya turut membuat Luka Doncic frustrasi mencetak angka.

Slovenia sebenarnya memiliki peluang untuk unggul di akhir laga andai lay up dari Prepelic tidak diblok oleh Batum.

Prepelic sendiri pada laga ini berhasil menyumbangkan 17 poin dari bangku cadangan Slovenia dan beberapa kali menjadi pemain yang memecah kebuntuan untuk timnya.

Pencetak angka terbanyak Slovenia datang dari pemain center mereka Mike Tobey yang mencetak 23 angka, delapan rebound. Serta dari barisan pemain inti ada Jaka Blazic dengan 14 poin dan lima rebound.

Kekalahan Slovenia membuat rekor Luka Doncic tercoreng dengan satu kekalahan karena biasanya jika pemain Dallas Mavericks ini bermain Slovenia belum pernah kalah dalam 17 laga.

Kemenangan ini membuat Prancis akan berhadapan kembali dengan Amerika Serikat yang pada laga perdana fase Grup A berhasil mereka kalahkan dengan skor 83-76.

Amerika Serikat sendiri melaju ke babak final usai menang atas Australia di babak semifinal dengan skor 97-78.

Jika berhasil menang di laga final, Ini bisa menjadi ajang pembalasan dendam sempurna untuk Amerika Serikat yang dalam tiga gelaran Olimpiade terakhir selalu masuk final dan meraih medali emas.

Sementara Slovenia dan Australian akan berebut medali perunggu. (mcr16/jpnn)


Redaktur & Reporter : Muhammad Naufal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler