Menang, Westra Raih Runner-Up

Jumat, 09 Maret 2012 – 13:02 WIB
MENDE - Etape kelima Paris-Nice layak disebut sebagai queen stage alias etape paling menentukan di ajang tersebut. Persaingan seru terjadi sepanjang 178 km pada rute yang didominasi jalur tanjakan dari Onet-le-Chateau ke Mende. Meski demikian, jalur flat di akhir lomba memberikan persaingan menarik di general classification.

Permbalap tim Vacansoleil-DCM Lieuwe Westra mnejadi yang tercepat setelah mampu melepaskan diri usai tanjakan terakhir yang jaraknya kurang dari 1 km dari garis finis. Namun, usaha keras pimpinan klasemen Bradley Wiggins (Sky) untuk mengejar pembalap terdepan membuatnya masih tetap berhak atas yellow jersey. Wiggins masuk finis di posisi ketiga di belakang Alejandro Valverde (Movistar) yang ketinggalan enam detik dari Westra.

Sebelum puncak tanjakan terakhir, Wiggins masih terjebak di rombongan besar yang terpaut satu menit dari pembalap terdepan.. Usai tanjakan, giliran para sprinter, termasuk Wiggins, Valverde dan Levi Leipheimer (Omega Pharma-Quick Step) melepaskan diri. Persaingan ketiganya sangat sengit. Selain itu, mereka juga makin mendekati Westra yang unggul jauh.

Kemenangan di etape kelima tersebut membuat Westra mendekati catatan waktu Wiggins di general classification. Dia hanya terpaut enam detik dari Wiggins. Westra pun naik ke posisi kedua, menggeser posisi Leipheimer yang kini berada di posisi ketiga.

Para pembalap masih akan menjalani tiga etape tersisa. Etape keenam dan ketujuh masih didominasi etape tanjakan, walau tak setinggi etape kelima. Sementara, etape terakhir atau etape kedelapan berbentuk individual time trial(ITT) seperti di etape pembuka. (ady)

Hasil Etape Kelima
1 Lieuwe Westra,  Vacansoleil-DCM 4 jam 52 menit 46 detik
2 Alejandro Valverde,  Movistar +06 detik
3 Bradley Wiggins,  Sky Procycling +06
4 Levi Leipheimer,  Omega Pharma-Quick Step +06
5 Simon Spilak,  Katusha +06
6 Damiano Cunego,  Lampre - ISD +16
7 Arnold Jeannesson,  FDJ-Bigmat +16
8 Sylvester Szmyd,  Liquigas-Cannondale +24
9 Rigoberto Uran, Sky +24
10 Thomas Voeckler,  Europcar  +30
Klasemen umum
1 Bradley Wiggins, Sky 18 jam 23 menit 40 detik
2 Lieuwe Westra, Vacansoleil-DCM +06 detik
3 Levi Leipheimer, Omega Pharma-Quick Step +10
4 Alejandro Valverde, Movistar +18
5 Simon Spilak, Katusha +37
6 Tejay Van Garderen, BMC +39
7 Maxime Monfort, RadioShack-Nissan +46
8 Arnold Jeannesson, FDJ-Bigmat +01:06
9 Sylvain Chavanel, Omega Pharma-Quick Step +01:16
10 Robert Kiserlovski, Astana +01:21
BACA ARTIKEL LAINNYA... Sriwijaya FC Perlebar Jarak Tiga Angka

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler