Mencari Penantang Sejati

Sabtu, 09 Februari 2013 – 09:16 WIB
ROMA - Ketika AC Milan dan Inter Milan terseok-seok dalam pacuan persaingan scudetto musim ini, Lazio dan Napoli memberikan alternatif rival bagi Juventus.  Saat ini, keduanya masih menempel Juventus yang berkuasa di puncak klasemen Serie A Liga Italia.

Napoli sempat terlempar dari tiga besar gara-gara pemotongan dua angka akibat tersangkut pengaturan skor. Tetapi, setelah memenangi banding di CAS (pengadilan arbitrase olahraga), dua poin kembali dimiliki.

Kini, Napoli hanya tertinggal tiga angka dari Juventus (49-52). Namun, kans untuk menempel Juve pekan ini tetap berat. Meski Juve harus bertarung dengan Fiorentina, Napoli juga harus menghadapi penantang scudetto lainnya Lazio di Olimpico, Roma, dini hari nanti (siaran langsung TVRI pukul 02.45 WIB).

Lazio memang bertindak sebagai tuan rumah.  Namun demikian, performa Napoli sebagai tim tamu justru lebih baik. Sejak cederanya Miroslav Klose dan memaksa striker gaek asal Jerman itu tidak bisa bermain full, performa Lazio ikut melorot.

Total, dalam tiga laga terakhir Lazio belum pernah menang. Bahkan, dua laga di antaranya berakhir dengan kekalahan.  Masing-masing 0-1 melawan Chievo Verona (26/1) dan kalah 2-3 dari Genoa (3/2). Tapi, Lazio menepis adanya krisis di tim mereka setelah mampu lolos ke final Coppa Italia dengan menyisihkan Juventus.

"Saya pikir kami mampu melakukan sesuatu tanpa Klose. Dia memang pemain hebat, tetapi kami juga masih memiliki (Sergio) Floccari dan (Libor) Kozak. Kami juga tidak ingin memaksakan kondisinya," kata Vladimir Petkovic, pelatih Lazio, seperti dikutip Football Italia.

Klose paling mentok hanya bisa bermain selama 45 menit. Namun, performa Floccari juga tidak buruk. Dalam lima pertandingan terakhir di semua ajang di mana Klose tidak bisa maksimal, Floccari mampu mencetak empat gol.

Masalahnya yang mereka hadapi nanti adalah Napoli yang memiliki pertahanan terbaik kedua di Serie A setelah Juventus. Mereka baru kebobolan 20 gol dan sudah menyarangkan 45 gol.

Situasi kian buruk bagi Biancocelesti, julukan Lazio, karena mereka terancam kehilangan Hernanes yang selama ini menjadi pengatur serangan utama. Dia mengalami cedera karena bertabrakan dengan gelandang Juve Luca Marrone. (ham/bas)

Perkiraan Pemain
Lazio (4-5-1)
Pemain     : 22-Marchetti (g); 29-Konko, 20-Biava, 3-Andre Dias, 26-Radu; 87-Candreva, 15-Gonzalez, 24-Ledesma, 8-Hernanes, 6-Mauri; 99-Floccari
Pelatih    : Vladimir Petkovic

Napoli (3-4-1-2)
Pemain    : 1-De Sanctis (g); 55-Gamberini, 28-Cannavaro, 5-Britos; 11-Maggio, 85-Behrami, 88-Inler, 18-Zuniga; 17-Hamsik; 19-Pandev, 7-Cavani
Pelatih    : Walter Mazzarri

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pensiun Akhir Musim

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler