Mencetak SDM Papua Unggul dan Berdaya Saing Global Melalui Beasiswa Pemprov Papua Tahun 2020

Sabtu, 15 Agustus 2020 – 14:35 WIB
Rektor Universitas Cenderawasih (Uncen), Jayapura, Papua, Dr. Apolo Safanpo. Foto: Dok. Uncen

jpnn.com, JAKARTA - Dalam mengembangkan masyarakat yang unggul dan mampu menciptakan daya saing secara global, Pemerintah Daerah Papua membuka pendaftaran dan seleksi beasiswa unggul Papua (SUP) Tahun 2020 melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Papua.

Program beasiswa tersebut dikhususkan bagi Orang Asli Papua (OAP) yang bermarga asli dari suku-suku di Papua dan telah menyelesaikan pendidikan Sekolah Menengah Umum Tahun 2020 untuk mendapatkan kesempatan melanjutkan pendidikan ke luar negeri.

BACA JUGA: Jangan Bikin Bingung, Otsus Papua Tak Berakhir Tahun Depan

Hal tersebut tercantum dalam Surat No. 422.5/13049/ tanggal 10 Agustus 2020 yang ditandatangani a.n. Gubernur Papua Pj. Sekretaris Daerah Ridwan Rumasukun.

BACA JUGA: Kasum TNI Periksa Kesiapan Operasi Satgas Pamrahwan Papua

Selanjutnya, pendaftaran dilakukan secara daring/online dengan mengirim formulir data diri dan dokumen persyaratan pada alamat Email sesuai wilayah adat yang tercantum pada Pengumuman dan Tata Cara Pendaftaran terlampil mulai tanggal 11 Agustus 2020 sampai dengan 25 Agustus 2020. Adapun proses seleksi terbagi dalam tiga (3) tahap.

Pertama, seleksi administrasi (pengumuman lolos seleksi tanggal 31 Agustus 2020);

BACA JUGA: Hidayat Nur Wahid: Sidang Tahunan Bukti MPR Taat Aturan

Kedua, seleksi online tes potensi akademik (TPA) tanggal 07 September 2020; dan

Ketiga, seleksi online tes Bahasa Inggris tanggal 08 September 2020.

Berkenaan hal tersebut, Rektor Universitas Cenderawasih Apolo Safanpo mengungkapkan program tersebut sangat baik. Dia juga menyampaikan beberapa saran terhadap SUP.

“Proses rekrutmennya agar bisa memperhatikan keterwakilan wilayah (wilayah adat maupun kabupaten/kota) di provinsi Papua, supaya masyarakat bisa merasakan asas keadilan dan merasa diperhatikan dan diperlakukan adil oleh pemerintah,” ungkapnya.

Selanjutnya, dia juga mengingatkan bahwa rekrutmen juga harus memperhatikan komitmen orang tua dan para calon untuk ikut menjaga keutuhan bangsa dan negara.

Kemudian, selama pendidikan, perlu meningkatkan kerja sama dengan Atase Dikbud di KBRI untuk melakukan pembinaan wawasan kebangsaan dan menumbuhkan rasa cinta Tanah Air Indonesia.

“Agar mereka tidak dibina atau didoktrin radikal oleh kelompok lain,” ujarnya.

Adapun mengenai mekanisme pendaftaran selengkapnya yang meliputi berkas persyaratan dan jadwal serta proses seleksi Beasiswa dimaksud dapat dibaca pada pengumuman, Tata Cara Pelaksanaan Seleksi serta mengisi dan melengkapi Formulir Pendaftaran terlampir.

Selain itu, diharapkan agar para calon pelamar dapat diberikan dukungan untuk mengikuti pendaftaran dan seleksi tersebut.

Kemudian, untuk informasi dan keterangan lebih lanjut dapat menghubungi Sekretariat Panitia pada kantor BPSDM Provinsi Papua atau melalui email ke: bpsdmpapua2017@gmail.com.

Sebagai catatan lanjutan, pengajuan permohonan beasiswa akan dilakukan secara online dan dengan syarat seleksi administrasi sebagai berikut:

Pertama, memindai (scan) berwarna KTP atau Paspor atau kartu identitas yang terdapat foto diri;

Kedua, memindai (scan) rapor SMA kelas 10-12 yang telah di legalisir dengan nilai rata-rata minimal; Mamta dan Saereri 80; Anim Ha La Pago dan Mee Pago 77,5; Luar Papua 82,5 ;

Ketiga, memindai (scan) berwarna ijazah SMA Tahun 2020 yang telah di legalisir;

Keempat, memindai (scan) berwarna Akte Kelahiran dan Kartu Keluarga;

Kelima, mengisi, menandatangani dan memindai (scan) berwarna Formulir Program Beasiswa Unggul Papua Tahun 2020.

Persyaratan dapat dilengkapi dan dikirim melalui email menurut wilayah adat garis keturunan patrilienal (ayah) asli Papua ke alamat email:

Pertama, Mamta (Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Keerom, Kabupaten Sami dan Kabupaten Mamberamo Raya) ke email mamta.bpsdmpapua@gmail.com;

Kedua, Saereri (Kabupaten Biak Numfor, Supiori, Kepulauan Yapen dan Waropen) ke email saereri.bpsdmpapua@gmail.com;

Ketiga, Anim Ha (Kabupaten Merauke, Boven Digoel, Asmat dan Mappi) ke email: animha.bpsdmpapua@gmail.com;

Keempat, La Pago (Kabupaten Jayawijaya, Pegunungan Bintang, Lanny Jaya, Tolikara, Nduga, Puncak Jaya, Yalimo, Yahukimo, Mamberamo Tengah dan Kabupaten Puncak) ke email lapago.bpsdmpapua@gmail.com;

Kelima, Mee Pago (Kabupaten Dogiayi, Deiyai, Nabire, Intan Jaya, Paniai dan Mimika) ke email meepago.bpsdmpapua@gmail.com;

Keenam, Luar Papua (Khusus siswa yang lulus SMA dari luar Papua) luarpapua.bpsdmpapua@gmail.com.(jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler