Mendag Dorong Kemajuan Digital di Indonesia

Kamis, 13 Juni 2013 – 15:48 WIB
JAKARTA -- Indonesia memiliki potensi ekonomi yang besar dari perkembangan dunia digital di Tanah Air. Terlebih, Indonesia memiliki banyak sumberdaya manusia (SDM), khususnya anak-anak muda yang kreatif, sadar teknologi, serta menggandrungi perkembangan dunia digital.

Menteri Perdagangan (Mendag) RI Gita Wirjawan memastikan, pemerintah akan terus mendukung kemajuan dunia digital Indonesia tersebut di masa-masa mendatang.

“Bukan tidak mungkin, Bill Gates berikutnya akan lahir dari Flores,” kata Gita dalam acara IDByte Conference yang digelar di Jakarta, Kamis (13/6).

Potensi kemajuan dunia digital di Tanah Air, kata Gita, diperkirakan akan cepat berkembang dalam beberapa waktu ke depan. Secara demografi, generasi muda Indonesia saat ini dalam kondisi yang sedang subur-suburnya.

“Demografi kita yang muda-muda, generasi Cowboy Junior dan Agnes Monica,” canda Gita.

Dikatakan, membicarakan teknologi digital tentu akan ada tantangan yang harus diatasi. Diantaranya, harus mempersiapkan infrastruktur yang baik dalam menghadapi dunia digital dan  memberi kesempatan akses informasi seluas-luasnya bagi penduduk di kota-kota terpencil.

“Infrastuktur dan penyebaran pengetahuan yang merata adalah tantangan terbesar yang kita hadapi saat ini,” kata Gita.

Ke depan, sambungnya, Indonesia harus dapat menciptakan produk-produk teknologi digital yang mendunia dengan sejumlah keunggulan sumberdaya yang dimiliki. Dan, pemerintah tentunya harus mendukungnya.

“Indonesia juga harus bisa melahirkan teknologi startup, amazon.com, catfish.com dan lain-lain, tentunya semua dapat dilakukan bersama-sama,” tuturnya.

IDByte 2013 merupakan acara digital terbesar di Indonesia yang dikemas melalui kegiatan IDByte Workshop dan IDByte Conference. Acara ini menghadirkan para pembicara dari perusahaan-perusahaan digital terkemuka di dunia yang akan berbagi kiat-kiat dan wawasan yang penting untuk membangun bisnis startup, terutama di industri teknologi digital.

IDByte Conference juga menjadi ajang untuk memperluas jaringan, menunjukkan teknologi dan inovasi terkini dan mengetahui siapa potensi startup terbaik di Indonesia.

Beberapa pembicara terkemuka dalam rangkaian acara ini, antara lain Dave McClure dari 500 Startups, Dan Neary dari Facebook, Troy Malone dari Evernote, Aliza Knox dari Twitter, Nitin Mathur dari Yahoo, Gautam Anand dari Google, John Kerr dari Zeno Group, Sandiaga Uno dari Indonesia Setara, dan Mark Kirschner dari Rakuten Worldwide.

Selain itu, beberapa tokoh terkemuka juga akan bergabung secara virtual dalam IDByte Conference 2013, diantaranya Sheryl Sandberg dari Facebook, Martin Sorell dari WPP Group, Werner Vogels dari Amazon,  Hiroshi Mikitani dari Rakuten, dan Tony Fernandes dari Air Asia. (sam/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Produsen Rokok Diminta Terbuka

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler