Mendagri: Masalah KPU Tak Perlu Dibesar-besarkan

Selasa, 20 November 2012 – 18:05 WIB
JAKARTA--Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi mengungkapkan kisruh internal dalam tubuh Komisi Pemilihan Umum (KPU) tak perlu dibesar-besarkan publik. Menurutnya, itu hanya masalah kecil yang bisa terjadi di instansi pemerintah manapun.

"Itu hanya diembuskan, dibesar-besarkan karena kejadiannya di DPR. Sebenarnya saya sudah ketemu dengan komisioner, saya sudah ketemu dengan Sekjennya. Kata Sekjennya kalau mau berhenti, berhenti saja, enggak ada masalah," ujar Gamawan di Gedung Ditjen Imigrasi Ri, Jakarta, Selasa (20/11).

Terakhir bertemu dengan komisioner kata Gamawan, pihak komisioner memutuskan akan memulangkan tiga pejabat Kementerian Dalam Negeri yang bertugas di KPU. Gamawan pun mengaku setuju dengan keputusan tersebut. Ia menyatakan Kemendagri juga akan menyiapkan pengganti yang dibutuhkan KPU.

" Saya sudah bilang oke, saya sepakat. Kapan saya tunggu. Kemarin Sekjen sudah memberitahukan, bahwa dia sudah diperintahkan oleh komisioner untuk buat surat pada Kemendagri dan saya tunggu surat itu. Ini sebenarnya cuma ribut-ribut nya yang besar, masalahnya kecil," tutur Gamawan sambil tersenyum.

Seperti diketahui, pertikaian yang melibatkan komisioner dan pegawai kesekretariatan di KPU mencuat setelah kinerja lembaga ini dikecam publik. Masalah serius itu tersibak antara lain dari kesaksian Komisioner KPU Ida Budhiati dalam sidang Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu.

Ida menyebutkan terjadi "pembangkangan" di Sekretariat Jenderal KPU, sehingga kinerja komisioner lembaga ini tak berjalan optimal. Akibatnya, pengumuman hasil verifikasi administrasi partai politik mundur dari jadwal semula.

Ida menyebutkan ada "pembusukan" organisasi di dalam tubuh KPU dan terjadi dikotomi antara komisioner dan kesekretariatan jenderal.(flo/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... JK Sindir Sikap Dipo Lapor KPK

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler