Mendampingi Jokowi Kunker, Qodari: Saya Terkejut Saat Diajak 

Rabu, 15 Mei 2024 – 17:23 WIB
Pengamat Politik Indo Barometer M Qodari. Foto: dokumentasi JPNN.com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Sosok Direktur Eksekutif Indo Barometer Muhammad Qodari menuai sorotan di media sosial X setelah mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Sulawesi Tenggara, 12-14 Mei 2024.

Sebuah akun bahkan mempertanyakan kapasitas Qodari ketika mendampingi Jokowi selama kunker. 

BACA JUGA: Jokowi Menugaskan Grace Natalie dan Juri Ardiantoro sebagai Staf Khusus Presiden

Akun lainnya bahkan mengaitkan keberadaan Qodari dengan langkah pria berkacamata itu selama pilpres 2024.

Misalnya, mengaitkan pernyataan Qodari soal Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan menang pilpres 2024 sebesar 58 persen.

BACA JUGA: Grace Natalie PSI Dapat Tugas dari Presiden Jokowi di Pemerintahan

JPNN.com kemudian mencoba meminta klarifikasi kepada Qodari soal keberadaannya mendampingi Jokowi kunker.

Dia mengaku bisa ikut kunker karena diajak, lalu melihat dari dekat cara Jokowi berkomunikasi dan berinteraksi dengan rakyat.

BACA JUGA: Seperti Itu Gaya M Qodari Menemani Jokowi Kunjungan Kerja

"Saya terkejut juga sebetulnya diajak kunjungan kerja ini, tetapi sekali lagi saya melihat ini sebagai kesempatan melihat dari dekat bagaimana presiden berkomunikasi dengan masyarakat, berinteraksi ke masyarakat, meninjau program pembangunan, dan melihat kebutuhan sembako," kata Qodari melalui layanan pesan, Rabu.

Sebagai peneliti, alumnus Universitas Indonesia (UI) itu terbiasa menilai tingkat dukungan hingga kepuasan masyarakat terhadap pemerintahan era Jokowi.

Akhirnya, Qodari dalam agenda kunker ke Sulawesi Tenggara punya kesempatan melihat secara dekat kesahihan survei seperti dukungan rakyat ke Jokowi.

"Pada hari ini diberikan kesempatan untuk melihat dari dekat, langsung, dekat sekali melihat, kalau bahasa saya, sih, riset partisipatoris," kata dia.

Qodari menyebut antusiasme masyarakat dalam melihat Jokowi memang luar biasa sekali dan rakyat begitu mencintai eks Gubernur DKI Jakarta itu.

"Saya melihat masyarakat saking antusiasnya itu seperti mau menerjang Pak Jokowi itu. Saya khawatir pagar mal dan pagar pasar jebol itu karena antusias masyarakat yang sangat luar biasa," kata penggagas Jokowi-Prabowo 2024 itu.

Qodari menilai wajar Jokowi dicintai rakyat karena punya kemampuan lengkap dari membangun infrastruktur sampai berbicara ke rakyat.

"Jadi hari ini kita menyaksikan seorang pemimpin yang begitu dicintai rakyatnya dengan sangat luar biasa," ujarnya. (ast/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

BACA ARTIKEL LAINNYA... Qodari Sebut Dukungan Publik Kepada Jokowi Seharusnya 90 Persen


Redaktur : Fathan Sinaga
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
M Qodari   Jokowi   Prabowo   Gibran  

Terpopuler