Mendengarkan Musik Yoga Sebelum Tidur Baik Untuk Jantung?

Senin, 12 November 2018 – 22:08 WIB
Yoga. FOTO: Laman India Times

jpnn.com - Mendengarkan musik yoga sebelum tidur bisa bermanfaat bagi kesehatan jantung Anda.

Para peneliti di India memutuskan untuk mengeksplorasi bagaimana memainkan berbagai jenis musik sebelum tidur malam bisa memengaruhi tingkat kecemasan dan kesejahteraan seseorang secara keseluruhan.

BACA JUGA: Berbagi Rasa dengan Penyintas Kanker Lewat Yoga

Penelitian yang dipresentasikan di European Society of Cardiology Congress (ESC) di Munich menyimpulkan bahwa tingkat kecemasan seseorang cenderung menurun ketika mereka mendengarkan musik yang tenang dan menenangkan sebelum tidur.

Sebanyak 149 peserta penelitian, yang semuanya dalam keadaan sehat dan berusia rata-rata 26 tahun, mengambil bagian dalam tiga sesi tidur pada tiga malam yang berbeda.

BACA JUGA: Cara Yoga Mengatasi Insomnia pada Ibu Hamil

Selama sesi pertama, musik yang tenang (mirip dengan tipe yang didengar selama kelas yoga) dimainkan sebelum mereka tidur.

Kemudian diikuti dengan musik pop dengan irama teratur pada malam kedua dan tidak ada musik ketiga.

BACA JUGA: 7 Kebiasaan Sehat Sebelum Tidur yang Bisa Anda Coba

Tim peneliti mengukur denyut jantung para partisipan selama lima menit sebelum musik atau periode diam dimulai, selama 10 menit selama musik atau periode hening dan selama lima menit sesudahnya.

Mereka menemukan bahwa variabilitas denyut jantung peserta meningkat selama musik yoga, turun selama musik pop dan tetap sama ketika tidak ada musik yang dimainkan.

Selanjutnya, para ilmuwan menggunakan Skala Kecemasan Goldberg untuk mengukur tingkat kecemasan para peserta sebelum dan sesudah setiap sesi tidur.

Mereka mencatat bahwa tingkat kecemasan peserta menurun secara drastis mengikuti setelah mendengarkan musik yoga meningkat banyak setelah mendengarkan musik pop dan juga meningkat setelah periode diam.

Sementara penelitian hanya menggunakan sekelompok kecil peserta, penulis studi, Dr. Naresh Sen percaya bahwa ada efek positif mendengarkan musik yoga sebelum tidur terhadap kesehatan jantung.

"Kami menggunakan terapi musik di rumah sakit dan dalam penelitian ini kami menunjukkan bahwa musik yoga memiliki dampak yang menguntungkan pada variabilitas detak jantung sebelum tidur," kata Dr Sen, seorang konsultan ahli jantung di Rumah Sakit HG SMS di Jaipur, seperti dilansir laman Independent, Kamis (8/11).

"Ilmu pengetahuan mungkin tidak selalu setuju, tetapi orang India telah lama percaya pada kekuatan berbagai terapi selain obat-obatan sebagai cara pengobatan untuk berbagai penyakit," jelas Dr. Sen.

Ini adalah penelitian kecil, dan penelitian lebih lanjut diperlukan pada efek kardiovaskular dari intervensi musik yang ditawarkan oleh terapis musik yang terlatih.

Tetapi mendengarkan musik yang menenangkan sebelum tidur adalah terapi yang murah dan mudah diterapkan yang tidak menyebabkan bahaya.

Menurut Dr Sen, mendengarkan musik yoga pada waktu tidur bisa memperlambat denyut jantung tubuh sehingga berubah dari dalam mode 'melawan atau lari' menjadi 'beristirahat dan cerna' sebagai gantinya.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 4 Kiat Melakukan Yoga Sebelum Tidur Untuk Ibu Hamil


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Yoga   Manfaat Yoga   Yoga  

Terpopuler