Menelaah Visi Misi Ganjar-Mahfud, Fokus pada Pembangunan Sumber Daya Manusia

Jumat, 10 November 2023 – 16:41 WIB
Bakal Capres-Cawapres RI Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Capres dan cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD mengusung visi Menuju Indonesia Unggul: Gerak Cepat Mewujudkan Negara Maritim yang Adil dan Lestari.

Visi tersebut diterjemahkan dalam delapan misi gerak cepat yang terdiri dari 114 program unggulan.

BACA JUGA: Ganjar Dorong Pelatihan Manajemen Keuangan dan Keahlian Untuk Pekerja Migran

Sekretaris Eksekutif Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Heru Dewanto membedah visi dan misi Ganjar-Mahfud di Pilpres 2024.

"Yang dimaksud dengan Indonesia unggul adalah unggul dalam artian kompetitif, lebih dari negara lain. Tidak sekadar maju tapi relatif lebih unggul dari negara lain," kata Heru.

BACA JUGA: Bobby Nasution Dukung Prabowo-Gibran, Ganjar: Tidak Apa-apa, Silakan

Sementara gerak cepat, terkait waktu Indonesia yang tersisa 13 tahun lagi dalam memanfaatkan bonus demografi untuk kemajuan bangsa.

Menurut dia, tidak ada pilihan lain, kecuali bergerak dengan cepat agar bisa memanfaatkan kesempatan yang datang hanya dalam satu kali dalam siklus kehidupan bangsa dan negara.

BACA JUGA: Inilah 6 Program yang akan Diperbaiki Ganjar dari Pemerintahan Jokowi, Apa Saja?

Kemudian, kata Heru, Ganjar-Mahfud akan menggunakan pendekatan baru dalam pembangunan bangsa, yang mana sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia harus melihat lautan tidak sebagai pemisah tapi sebagai pemersatu bagi seluruh kepulauan yang ada di Indonesia.

"Dengan demikian, seluruh sumber daya di kepulauan dan lautan itu jadi sumber daya untuk kemajuan bangsa dan negara kita," ujar Heru.

Adil dan lestari adalah tujuan bagi kita semua untuk menciptakan masyarakat yang adil dan sejahtera dalam lingkungan yang berkelanjutan dan lestari.

"Itu adalah visi Pak Ganjar dan Pak Mahfud. Visi perlu kami terjemahkan dalam sejumlah misi. Pak Ganjar-Mahfud memiliki delapan misi gerak cepat terdiri dari 114 program," katanya.

Dari delapan misi, dua misi pertama Ganjar-Mahfud praktis fokus pada sumber daya manusia.

Bagaimana membangun manusia Indonesia yang unggul, sehat, cerdas, terampil, berkeperibadian, dan produktif. Kemudian, pembangunan manusia melalui penguasaan sains dan teknologi melalui percepatan riset dan inovasi.

Misi ketiga, keempat, kelima, dan keenam, Ganjar-Mahfud bicara bagaimana manusia unggul bisa menggerakkan perekonomian di Indonesia. Ekonomi yang ingin Ganjar-Mahfud bangun adalah ekonomi berbasis nilai tambah dengan pertumbuhan ekonomi merata di Indonesia. "Digitalisasi harus kita manfaatkan tidak hanya di sektor konsumsi, tetapi juga produksi," ujar Heru.

Misi ketujuh dan kedepalan Ganjar-Mahfud, bagaimana bisa menciptakan birokrasi yang sehat, penegakan hukum, penghormatan terhadap hak asasi manusia. "Dan yang terpenting menciptakan demokrasi subtantif, menempatkan Indonesia dalam kancah pergaulan global secara sehat, dan berdaya saing," pungkas Heru. (flo/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler