Mengadu ke KASN, Istri PNS Asahan Minta Suaminya Dipecat

Kamis, 05 November 2020 – 19:02 WIB
Astri Marini (jilbab donker) didampingi keluarganya saat mencari keadilan di KASN. Foto dokumentasi pribadi for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Masih ingat kasus sepasang aparatur sipil negara (ASN) PNS Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan, Provinsi Sumatera Utara, yang ditemukan bugil dan pingsan di mobil.

Kasus yang sempat viral di media ini ternyata belum tuntas meski pelaku pria berinisial Z (37) dan wanita berinisial H (39) sudah diputus bersalah dan tengah menjalani hukuman penjara.

BACA JUGA: 18 PNS Lolos Tahap Kedua Seleksi Sekda DKI, Siapa Paling Pantas?

Pasalnya, baik Z maupun H masih dipekerjakan sebagai PNS. Keduanya hanya mendapatkan sanksi penurunan pangkat dari instansi di mana mereka bekerja.

Keputusan ini rupanya tidak diterima Astri Marini, istri Z alias Zulkifli. Dengan didampingi adiknya Zulham, dan beberapa keluarga, sengaja terbang ke Jakarta mendatangi Kantor KASN (Komisi Aparatur Sipil Negara) minta keadilan.

BACA JUGA: Ditemani Berkaraoke, Pensiunan PNS Ini Pengin Lebih, Ditolak, Terjadilah

Kepada JPNN.com, Kamis (5/11), Zulham yang merupakan adik Astri menceritakan, alasan mendatangi KASN karena di Kabupaten Asahan tidak mendapatkan keadilan. Astri tidak terima bila suaminya hanya diberikan hukuman penurunan pangkat.

Bagi Astri, sanksi itu tidak sebanding dengan dampak buruk yang ditimbulkan. Selain sudah mempermalukan keluarga besar, juga merusak mental psikologis anak-anak Astri dan Zulkifli.

BACA JUGA: Pak Anies, Mohon TKD PNS Segera Dilunasi, Jangan Menunggu Tahun Depan

"Kakak gak terima dengan keputusan Inspektorat Kabupaten Asahan. Ibu kami juga sudah datangi bupati minta keadilan. Kami juga sudah ke Disdik, BKD, tetapi sia-sia. Alasannya keputusan itu sesuai hasil konsultasi virtual dengan KASN 14 hari lalu," terangnya.

Karena tidak dapat keadilan itu, lanjutnya, mereka datangi KASN untuk mendapatkan petunjuk. Mereka juga ingin memastikan apakah benar sanksi penurunan pangkat sesuai rekomendasi KASN.

Untuk diketahui, sepasang ASN PNS ditemukan pingsan bugil dalam mobil di Kabupaten Asahan, Sumut. Keduanya pun dicopot dari jabatan masing-masing setelah peristiwa tersebut.

Kedua ASN PNS itu adalah pria berinisial Z (37) selaku eks Korwil Dinas Pendidikan di Kecamatan Rawang Panca Arga dan wanita berinisial H (39), yang merupakan mantan Bendahara Pembantu Dinas Pendidikan Kecamatan Meranti.

Mereka ditemukan pingsan dalam keadaan bugil di dalam mobil yang terparkir di pinggir jalan pabrik benang di Sei Renggas, Asahan, Kamis (4/6) malam. Penemuan ini pun viral di media sosial. (esy/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler