Mengaku Cuti, Jokowi Belum Kantongi Izin Mendagri

Sabtu, 16 Februari 2013 – 13:13 WIB
Jokowi duduk di kereta bersebelahan dengan Rieke. Jokowi juga ikut turun di stasiun persinggahan, seperti Bekasi dan Karawang. Di stasiun, Jokowi membagikan stiker Rieke-Teten. FOTO: RAKA DENNY / JAWA POS
JAKARTA - Hari ini Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menjadi juru kampanye bagi pasangan calon gubernur Rieke Diah Pitaloka-Teten Masduki yang tengah bertarung di Pilkada Jawa Barat 2013. Untuk melakukan kegiatan kampanye ini, gubernur bernama beken Jokowi itu mengaku sudah cuti selama 2 hari.

"Ya, sudah cuti 16-17 (Februari, red)  harus cuti walaupun Sabtu-Minggu lho," kata Jokowi saat ditemui di Stasiun Gambir, Sabtu (16/2) pagi.

Saat ini, lanjut Jokowi, tanggung jawab mengurus ibu kota berada di tangan wakilnya, Basuki T Purnama selaku pejabat harian gubernur. Namun sang wagub hanya boleh melakukan tugas sehari-hari dan tidak berwenang membuat kebijakan strategis.

Saat dikonfirmasi kepada pihak Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), ternyata surat cuti Jokowi belum diterima. Hingga Jumat (15/2), Pihak Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri belum menerima surat pengajuan cuti dari Jokowi.

"Sampai kemarin belum ada permohonan itu ke Ditjen Otda. Dalam rangka apa ya?" ujar Kapuspen Kemendagri Reydonnyzar Moenek melalu pesan singkatnya hari ini.

Berdasarkan peraturan yang berlaku, seorang gubernur harus mengajukan cuti bila ikut dalam kegiatan kampanye. Pengajuan cuti ini diajukan kepada Kemendagri dan harus disetujui oleh Mendagri terlebih dahulu. (dil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Nachrowi Mundur, Rachmat Incar Ketua Bamus Betawi

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler