Mengaku Digempur, PDIP Bersyukur Bisa Menang Pemilu

Senin, 25 Maret 2024 – 19:23 WIB
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto di kantor parpolnya, Jakarta, Senin (25/3). Aristo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengungkapkan rasa syukur karena parpolnya berdasarkan hitung internal menjadi partai pemenang pileg 2024, meskipun menerima gempuran politik yang amat kuat.

Hasto menuturkan kemenangan pada pileg 2024 membuat PDI Perjuangan menang pemilu tiga kali berturut-turut.

BACA JUGA: LPI Sebut Mayoritas Gen Z dan Milenial Ingin PDIP Jadi Oposisi

"Kami mengucapkan syukur. Setidaknya, di tengah gempuran yang sangat dahsyat sebagai ujian sejarah PDI Perjuangan, kami bisa mempertahankan posisi sebagai pemenang pemilu tiga kali berturut-turut," kata dia dalam konferensi pers di kantor PDI Perjuangan, Jakarta Pusat, Senin (25/3).

Diketahui, Hasto didampingi anggota Badan Bantuan Hukum dan Advokasi (BBHA) PDI Perjuangan Erna Ratnaningsih dan Herry Perdana ketika melaksanakan konferensi pers di kantor PDIP, Jakarta, Senin.

BACA JUGA: PDIP Anggap Kecurangan Pemilu Terjadi dari Hulu ke Hilir, Sikap Ganjar-Mahfud Bulat ke MK

Sebelumnya Hasto bersama BBHA membahas soal Pemilu dalam rapat internal seperti Topane Gayus Lumbuun, Yasonna Laoly, dan Trimedya Panjaitan.

Peraih gelar doktoral dari Universitas Pertahanan (Unhan) itu menyebutkan hasil hitung internal menyatakan PDI Perjuangan bakal memperoleh 110 kursi DPR RI setelah menang pileg 2024.

BACA JUGA: PDIP Dukung PPP Gugat Hasil Pemilu ke MK, Hasto: Kami Siap Memberikan Data yang Diperlukan

"Ditinjau dari kursi DPR RI perolehan berdasarkan perkiraan sementara adalah 110 kursi DPR RI," kata Hasto.

Alumnus Universitas Gadjah Mada itu melanjutkan tidak mudah bagi PDI Perjuangan unggul pileg 2024 atau menang pemilu tiga kali berturut-turut di tengah aksi penyalahgunaan wewenang oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

"Itu tidaklah mudah di tengah persoalan supremasi hukum yang turun ke tingkat nadir kemudian abuse of power yang sayangnya dilakukan Presiden Joko Widodo, sehingga kecurangan dari hulu, dari rekayasa hukum di Mahkamah Konstitusi, hingga di tingkat proses, sampai di hilir," ungkap dia.

Pria kelahiran Yogyakarta itu berharap seluruh kader PDI Perjuangan bisa menatap optimistis menyikapi hasil pemilu 2024.

Sebab, kata Hasto, perolehan PDI Perjuangan di tingkat kabupaten atau kota pada pemilu 2024 mengalami peningkatan dibandingkan 2019.

Dia mencatat jumlah kursi yang diperoleh PDI Perjuangan di tingkat kabupaten atau kota sebanyak 2823 kursi atau meningkat 17 dibandingkan pemilu 2019.

"Kami melihat perolehan di tingkat kabupaten atau kota, ternyata mengalami kenaikan perolehan kursi PDI Perjuangan," ujar Hasto. (ast/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur : M. Adil Syarif
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler