Mengapa Jokowi Berkemah di IKN padahal Kondisi Sepaku Sangat Menantang? Ternyata

Minggu, 13 Maret 2022 – 18:46 WIB
Presiden Jokowi akan berkemah di titik nol IKN Nusantara di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kaltim. Foto: ANTARA/HO

jpnn.com, SAMARINDA - Presiden Jokowi akan berkemah di Titik Nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Sepaku, Panajam Paser Utara, Kalimantan Timur, yang dimulai pada Senin (14/3).

Apa makna berkemah yang dilakukan Presiden Jokowi bersama para gubernur di wilayah Kalimantan?

BACA JUGA: Ritual Adat saat Presiden Jokowi Berkemah di IKN Nusantara, Tanah & Air dari Tempat Sakral

Anggota DPR Hetifah Sjaifudian mengatakan kegiatan tersebut menjadi simbol atau pesan Presiden Jokowi agar pengambilan kebijakan publik terkait IKN Nusantara harus didasarkan pada bukti obyektif atau evidence based policy.

"Camping yang akan dilakukan Presiden Jokowi di kawasan IKN Nusantara yang dimulai Senin (14/3) menjadi simbol dari upaya Jokowi dan Otorita IKN untuk mengambil kebijakan yang berbasis bukti, evidence based policy," kata Hetifah dalam keterangan yang diterima di Samarinda, Minggu (13/3).

BACA JUGA: Dokter Sunardi Tewas Ditembak Densus 88, Reaksi Fahri Hamzah Sangat Keras

Perempuan kelahiran 30 Oktober 1964 itu menilai kegiatan berkemah tersebut bertujuan agar Presiden bersama jajarannya, termasuk Kepala dan Wakil Kepala Otorita yang telah ditunjuk, dapat melihat langsung kondisi geografis, alam, lingkungan, dan kehidupan masyarakat setempat, sehingga terjadi interaksi langsung dengan lingkungan setempat.

Dengan demikian, Hetifah berharap berbagai kebijakan pemerintah yang akan diambil dapat mencerminkan realitas kebutuhan dan tantangan di IKN Nusantara, sehingga kebijakan tersebut berpihak pada masyarakat.

BACA JUGA: Jokowi Bertolak ke Titik Nol Kilometer IKN, Lihat Tuh yang Mendampingi

"Jangan sampai para petinggi IKN hanya bermimpi membangun kota baru yang futuristic tanpa memperhatikan kondisi riil dengan seksama," ujar politikus dari Partai Golkar itu.

Bu Heti, panggilan akrabnya, menceritakan kunjungannya saat meninjau lokasi IKN secara langsung dan menyempatkan diri berdialog dengan masyarakat Kecamatan Sepaku.

"Memang medan di Sepaku sangat menantang. Fasilitas publik dan pelayanan dasar sosial maupun infrastruktur usaha dan ekonomi yang tersedia di sekitar lokasi IKN pun masih sangat minim," jelasnya.

Dia mengatakan berdasarkan fakta lapangan, proyek pembangunan IKN Nusantara merupakan pekerjaan tidak mudah sehingga perlu dukungan banyak pihak dan kolaborasi dengan berbagai lintas sektor.

Bu Hetifah berharap saat berkemah di titik nol IKN Nusantara, Presiden Jokowi melakukan dialog dua arah dengan sejumlah tokoh masyarakat setempat guna meningkatkan tingkat penerimaan warga Kalimantan terhadap IKN. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler