Mengapa Wanita Merasa Kelaparan Saat Datang Bulan?

Senin, 27 Februari 2017 – 17:36 WIB
Ilustrasi

jpnn.com - jpnn.com - Saat wanita memasuki waktu periode menstruasi, dia akan merasa makin bersalah ketika menikmati makanan. Tubuh mereka ingin makan banyak, namun ada rasa bersalah setelah selesai menikmati makanan tersebut.

Tak heran banyak wanita membenci dirinya saat sedang menstruasi. Jika sudah begini, emosi wanita juga akan naik turun.

BACA JUGA: Semua Karena Aku Terlalu Cantik

Di masa menstruasi, wanita cenderung lebih banyak makan karena nafsu makan mereka meningkat secara drastis.

Dari segi kesehatan, hal tersebut terjadi karena tubuh wanita dipersiapkan untuk hamil pada masa subur, karena itu harus ada nutrisi yang sangat baik di masa menstruasi.

BACA JUGA: Dua Hal dari Wanita yang Bikin Pria Tergoda...

Hal itu terus berulang walau Anda tidak berencana hamil atau belum menikah, sebab tubuh sudah memiliki jam kerja untuk urusan reproduksi.

"Wanita sering merasa kelaparan pada saat datang bulan disebabkan karena adanya perubahan kadar kortisol, serotonin, progesteron dan magnesium," kata OB/GYN, Carolyn Dean George M. Arnold, seperti dilansir laman MSN, Minggu (26/2).

Berikut hal-hal yang terjadi dalam tubuh selama masa periode Anda.

1. Kortisol.

Anda mungkin akrab dengan kortisol yang sering dikenal sebagai hormon stres. Pada saat menstruasi, tubuh biasanya menghasilkan lebih banyak kortisol.

Selain menyebabkan kenaikan berat badan potensial di sekitar bagian tengah tubuh, kenaikan kortisol juga meningkatkan keinginan Anda makan makanan manis.

Peningkatan kortisol ini menyebabkan peningkatan sensitivitas insulin yang mengarah pada peningkatan penggunaan gula secara berlebihan dan dengan begiti, akan mengakibatkan tingkat gula yang lebih rendah.

Tubuh Anda merespon dengan keinginan mengonsumsi lebih banyak gula.

2. Serotonin.

Peningkatan kortisol mengakibatkan penurunan serotonin, hormon yang membuat Anda merasa lebih baik dan diproduksi di otak Anda.

Karena serotonin biasanya menurun pada saat periode, karena itu Anda mungkin tergoda makan lebih banyak.

3. Progesteron.

Sebuah penurunan progesterone bisa menyebabkan gejala PMS serta depresi.

Ini adalah alasan lain mengapa Anda ingin mengonsumsi karbohidrat. Serotonin bisa mengimbangi perubahan suasana hati yang disebabkan penurunan progesteron.

Seperti yang Anda ketahui, karbohidrat bisa meningkatkan tingkat serotonin Anda.

4. Magnesium.

Perubahan hormonal selama periode dan stres fisik menguras magnesium Anda. Dengan brgitu, tubuh cenderung membakar kalori lebih banyak.

Penurunan magnesium juga bisa memengaruhi serotonin.(fny/jpnn)

 


Redaktur : Fany
Reporter : Fany, Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler