Mengawali 2024, Shopee Gelar Kampanye 2.2 Live & Video Mega Sale

Kamis, 25 Januari 2024 – 21:12 WIB
Konferensi pers soal kampanye 2.2 Shopee Live & Video Mega Sale di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Kamis (25/1). Foto: Firda Junita/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Shopee berkomitmen menjadi platform yang dapat memberikan solusi dan kemudahan bagi pengguna dalam memenuhi kebutuhan, serta mengikuti tren yang terus berkembang.

Sejalan dengan hal tersebut, kampanye 2.2 Shopee Live & Video Mega Sale menjadi langkah awal pada tahun ini untuk membawa pengalaman belanja yang makin menyenangkan melalui interaksi.

Di saat yang sama juga, membuka makin banyak pintu kesempatan bagi seluruh ekosistem Shopee.

Director of Marketing Growth Shopee Indonesia, Monica Vionna mengatakan pihaknya telah melihat bagaimana perkembangan teknologi terus mengikuti kebutuhan masyarakat yang makin meningkat. Begitupun sebaliknya.

Di mana hal baru yang ditawarkan oleh kemajuan teknologi memiliki pengaruh signifikan terhadap pergerakan perilaku belanja online.

"Sebagai platform e-commerce, Shopee memiliki peran dan fungsi berbeda untuk setiap ekosistem, baik pembeli, hingga brand lokal, dan UMKM. Berangkat dari hal tersebut, untuk dapat berjalan bersama masyarakat dalam membentuk masa depan ekonomi digital, Shopee terus berupaya untuk bertumbuh bersama kemajuan dan makin meningkatkan peran dan fungsinya melalui inovasi dan program," ujar Monica Vionna di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Kamis (25/1).

"Melihat bagaimana pengaruh signifikan elemen interaksi dalam beberapa waktu terakhir, elemen ini berhasil menjadi daya tarik utama bagi pembeli dan penjual, khususnya pelaku usaha lokal, mendorong kami untuk terus menghadirkan inisiatif baru pada fitur interaktif kami," sambungnya.

Dia juga mengungkapkan bahwa animo belanja masyarakat cukup tinggi pada 12.12 Birthday Sale pada akhir 2023.

Menariknya, di puncak kampanye itu, fitur-fitur interaktif menjadi salah satu metode yang banyak digunakan oleh pengguna saat berbelanja online.

Pada hari puncak 12.12, terlihat transaksi sesi Shopee Live lebih dari 49 kali lipat.

Di saat yang sama peningkatan pesanan melalui Shopee Video tercatat mencapai 45 kali lipat dibandingkan dengan hari biasa.

Hal itu menjadi salah bukti nyata akan pergeseran perilaku belanja online masyarakat yang juga dipengaruhi oleh makin berkembangnya inovasi yang dihadirkan.

"Meningkatnya daya tarik masyarakat untuk memanfaatkan fitur interaktif dikarenakan berbagai keunggulan yang ditawarkan. Melihat performa yang kuat di akhir tahun lalu, elemen interaksi diprediksi akan masih mengambil peran kuat dalam memberikan pengalaman belanja yang berbeda di tahun ini," tutur Monica.

Pasalnya melalui Shopee Live, pengalaman belanja berbeda dapat dirasakan dengan adanya interaksi secara real-time, baik antara penjual dan pembeli ataupun dengan kreator.

Dalam sesi live brand lokal, UMKM ataupun kreator juga kerap menghidupi suasana dengan interaksi dialog aktif terkait produknya maupun keseruan penawaran, baik promosi atau pun produk spesial yang dapat habis dalam hitungan detik.

Hal tersebut ternyata dapat menjadi faktor besar dalam mengambil keputusan saat berbelanja.

"Sedangkan fitur Shopee Video banyak dimanfaatkan oleh pengguna yang memiliki preferensi terhadap konten visual yang kreatif dan menarik tanpa harus berinteraksi secara langsung," ucap Monica Vionna.

"Saat ini, konten visual memang masih menjadi salah satu cara yang kuat untuk menarik perhatian calon pembeli, baik berupa foto, infografik hingga video," tambahnya.

Beberapa di antaranya yang dapat ditemukan mulai dari review produk, unboxing, Shopee Haul hingga kreasi video mix and match yang dapat menjadi inspirasi pengguna.

Melihat hal tersebut, kedua fitur interaktif Shopee itu diprediksi dapat berperan dalam strategi bisnis maupun menarik antusiasme dari para pembeli, pelaku usaha, maupun UMKM dan brand lokal.

Selain kedua fitur interaktif tersebut, Shopee Affiliate Program juga telah menunjukan dampak positif pada 2023 melalui pengalaman yang dirasakan oleh para Shopee Affiliate.

Di samping itu, menuju hari puncak kampanye 2.2 Shopee Live & Shopee Video Mega Sale pada 2 Februari nanti, akan ada keseruan dan sederet promo menarik.

Di antaranya, gratis Ongkir Rp0 Semua Toko, diskon sampai dengan 80 persen, pesta Voucher 80 persen, dan ada juga voucher diskon 80 persen sampai dengan Rp 20 ribu dengan klaim kode voucher khusus yang akan dibagikan via sosial media.

“Perjalanan transformasi digital yang dinamis tidak hanya melahirkan pergerakan tren baru setiap tahunnya, tetapi juga memberikan motivasi untuk terus memahami, beradaptasi dan berupaya memenuhi kebutuhan konsumen yang semakin beragam," tutur Monica Vionna.

"Kedepannya, kami berharap akan terus dapat menghadirkan pengalaman berbelanja online terbaik bagi para pengguna dan terus bersama bergandengan untuk mendorong perkembangan ekonomi digital di Indonesia," imbuh Monica. (mcr7/jpnn)

BACA JUGA: Shopee Meluncurkan Fitur HEB, Dukung Kemajuan Desainer Lokal Jangkau Pasar Dunia

BACA ARTIKEL LAINNYA... Shopee Live & Shopee Video jadi Fitur Andalan bagi Brand Lokal & UMKM di 12.12 Birthday Sale


Redaktur : M. Rasyid Ridha
Reporter : Firda Junita

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler