Mengejar Gelar Keempat

Rabu, 19 Desember 2012 – 08:27 WIB
SINGAPURA - Tenaga Singapura jelang bertarung pada first leg final Piala AFF 2012 melawan Thailand, malam nanti, di Jalan Besar Stadium, bertambah. Dua pemain andalan mereka Fahruddin Mustafic dan Isa Halim pulih dari cederanya.

Mustafic pulih dari cedera pangkal paha dan Halim pulih dari cedera hamstring. "Keduanya telah menjalani pemeriksaan pagi tadi (kemarin) dan siap untuk bertanding," bilang Radojko Avramovi, kepada Associated Press.

Kehadiran keduanya akan menyuntikkan tenaga buat Singapura yang mengejar gelar keempatnya di Piala AFF. Sebelumnya mereka pernah meraih juara pada 1998, 2004, dan 2007. Sama halnya dengan Thailand yang juga mengejar gelar ketiganya.

Hanya, Thailand yang dianggap sebagai raja sepak bola Asia Tenggara sudah satu dekade terakhir gagal meraih juara. Kali terakhir mereka merasakannya pada 2002 dengan mengalahkan Indonesia. Sebelumnya, mereka juara pada 1996 dan 2000.

Lolosnya Thailand ke final kali ini cukup mengejutkan. Memang mereka dianggap favorit. Tetapi menurut pelatih Thailand Winfried Schafer, persiapan mereka sangat singkat sebelum terjun pada ajang yang dulu bernama Piala Tiger itu.

"Saya senang karena kami telah mencapai final sekarang. Saya tidak yakin ketika 1 November lalu saat menjalani latihan perdana. Melihat persiapan seperti itu, cukup mengejutkan kami bisa melangkah sejauh ini," kata pelatih asal Jerman itu.

"Kami sama sekali tidak menjalani pertandingan persahabatan sebelum turnamen. Yang kami lakukan hanya persiapan di pemusatan latihan. Saya berterima kasih atas kerja keras semuanya, tetapi tugas belum selesai," jelasnya.

Meski dengan persiapan yang kurang bagus, Thailand melewati persaingan di grup A dengan selalu menang dalam tiga pertandingan melawan Vietnam, Myanmar, dan Filipina. Di semifinal, mereka menang agregat 3-1 atas Malaysia.

Sedangkan, Singapura sempat menjalani performa naik turun. Mereka melibas Malaysia 3-0 pada laga pertama, lalu kalah dari Indonesia 0-1 pada laga kedua, dan memastikan lolos ke semifinal setelah mengalahkan Laos 4-3. (ham)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Timnas Butuh Pemain Tambahan

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler