Mengharukan, Momen Warga Berterima Kasih ke Bobby Nasution: Kami Akhirnya Punya Sertifikat Tanah

Kamis, 17 November 2022 – 22:20 WIB
Momen mengharukan terjadi saat seorang warga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Wali Kota Medan Bobby Nasution karena akhirnya punya sertifikat tanah yang diserahkan Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto didampingi Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Kamis (17/11). Foto: Dokumentasi Humas Pemkot Medan

jpnn.com, MEDAN DESAI - Momen mengharukan terjadi saat penyerahan sertifikat tanah kepada masyarakat Lingkungan 9, Kelurahan Menteng, Kecamatan Medan Desai, Kamis (17/11).

Saat itu, Wali Kota Medan Bobby Nasution bersama Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mendampingi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto menyerahkan sertifikat tanah ke rumah-rumah warga.

BACA JUGA: Bobby Nasution Tegas, Minta Kontraktor Mengembalikan Dana Pembangunan Gedung Kejari Medan

Ada 10 dari 216 rumah warga yang menjadi lokasi penyerahan sertifikat secara simbolis tersebut.

Seorang warga tak kuasa menahan rasa terharunya dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Wali Kota Medan Bobby Nasution atas pemberian sertifikat tanah secara gratis.

BACA JUGA: Seusai Melantik 6 Pejabat Tinggi & Administrasi, Bobby Nasution: Jangan Ada Korupsi

Sebab, biaya pungutan atas perolehan hak atas tanah atau bangunan (BPHTB) yang seharusnya dibayarkan masyarakat sepenuhnya ditanggung Pemerintah Kota (Pemkot) Medan.

"Terima kasih pak, buat Pak Wali Kota juga, akhirnya kami bisa punya sertifikat tanah. Apalagi semua gratis tidak ada biaya apapun," kata Suhartini, salah seorang warga kepada Bobby Nasution.

BACA JUGA: Bobby Nasution Mohon Doa dan Dukungan untuk Kelancaran Pembangunan Islamic Center

Di setiap penyerahan sertifikat yang dilakukan, Menteri Hadi Tjahjanto yang juga mantan Panglima TNI itu selalu menanyakan dan memastikan apakah warga ada dimintakan pungutan biaya.

Bahkan, ada warga yang sampai menangis mengaku senang karena akhirnya dirinya memiliki sertifikat tanah sebagai bukti yang absah atas kepemilikan aset tersebut.

Apresiasi pun disampaikan Menteri Hadi Tjahjanto kepada menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu atas upayanya untuk menyelesaikan persoalan aset di Kota Medan.

Terlebih, dalam kurun waktu 3 bulan ini terjadi lonjakan yang luar biasa karena kerja sama yang dibangun Pemkot Medan dan pihak-pihak terkait.

"Ada sebanyak 216 sertifikat yang terselesaikan dan realisasikan dari target 200 sertifikat yang ditentukan. Nah, yang tadi kami berikan ke sepuluh rumah itu merupakan sisa dari 216 sertifikat tersebut. Yang jelas kami apresiasi," kata Menteri Hadi Tjahjanto.

Sementara itu, Bobby Nasution mengaku senang karena bisa melampaui target.

Artinya, dari 200 sertifikat yang ditargetkan bisa melebihi hingga 216 sertifikat tanah.

Untuk itu, Bobby Nasution juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak sehingga upaya yang dilakukan dalam membantu masyarakat bisa diwujudkan.

"Masih ada tugas tugas lain yang perlu kita selesaikan terkait penyelesaian sertifikat aset. Insyaallah, Mudah-mudahan tahun depan bisa kita selesaikan semuanya. Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak yang telah membantu," ucap Bobby Nasution. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler