Menhan Kanada Nikahi Ratu Kecantikan Asal Iran

Sabtu, 07 Januari 2012 – 11:50 WIB

OTTAWA - Menteri Pertahanan Nasional Kanada Peter Gorodon MacKay, 46, sedang bahagia. Kamis lalu waktu setempat (5/1), melalui situs resminya, pengacara dan politikus asal Nova Scotia, Kanada, itu mengumumkan berita soal pernikahannya. Pemimpin terakhir Partai Konservatif Progresif Kanada (PC Party) sebelum merger dengan partai Aliansi Kanada pimpinan PM Stephen Harper tersebut menyunting Nazanin Afshin-Jam, 32, mantan ratu kecantikan asal Iran.

"Saya amat bahagia mengumumkan kepada Anda semua bahwa saya dan Nazanin telah menikah," kata politikus yang pernah dapat gelar sebagai anggota parlemen terseksi pada 1999-2007 dan 2009 itu.

Kabarnya, pernikahan MacKay berlangsung secara sederhana dan hanya dihadiri orang tua serta keluarga dekat kedua mempelai. Melalui situsnya, MacKay menyatakan bahwa mereka menikah dalam upacara tertutup di Meksiko pada Rabu lalu (4/1). "Kini, dia menjadi orang yang paling penting dalam hidup saya. Dan, dalam waktu dekat, Nazanin dan saya akan menghabiskan lebih banyak waktu bersama-sama di kediaman kami di Central Nova," tulisnya.

Bagi warga Kanada dan Iran, Afshin-Jam bukan sosok asing. Perempuan cantik yang meraih Miss World Canada dan Miss World America pada 2003 itu dikenal sebagai aktivis HAM yang gigih. Afshin-Jam juga tercatat sebagai first runner-up Miss World 2003. Pasca-kontes kecantikan tersebut, Afshin-Jam lebih banyak menghabiskan waktunya di Iran.

Perempuan kelahiran Teheran, 18 Maret 1979, itu menyita perhatian dunia ketika berhasil mencegah kematian Nazanin Mahabad Fatehi, remaja putri Iran yang diganjar hukuman rajam karena membunuh seorang pemerkosanya. Berkat kegigihan Afshin-Jam yang fasih bicara dalam tiga bahasa serta dukungan masyarakat luas, Fatehi batal dirajam sampai mati.

Perempuan berambut panjang itu lebih memilih untuk memperjuangkan HAM di Iran. Tetapi, dia tak menutup diri untuk mengampanyekan kesetaraan HAM di negara lain. Setelah menjadi istri MacKay, Afshin-Jam bakal menetap di Halifax, Nova Scotia. "Kami juga akan berbagi kebahagiaan dengan Anda semua," tulis MacKay.

Pada 2006, MacKay pernah diisukan dekat dengan mantan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Condoleeza Rice. Ketika itu, dia menjabat sebagai Menlu Kanada. Gosip itu bermula saat Condi, sapaan akrab Rice, berkunjung ke Kanada. Saat itu keduanya terlihat bergandengan tangan dan saling menatap mesra.

Namun, MacKay hanya tertawa saat dikonfirmasi soal berita kedekatan dirinya dengan Condi saat itu. Sebelumnya, dia menjalin hubungan asmara dengan Belinda Stronach, seorang anggota parlemen Kanada. Hubungan mereka kandas saat krisis politik membelit Kanada dan memaksa Stronach meloncat ke partai lain.

Selain Stronach, MacKay pernah berhubungan dengan Lisa Michelle Merrithew, putri mantan menteri Gerald Merrithew. Bahkan, dia juga sempat bertunangan dengan Jana Juginovic, pejabat eksekutif stasiun televisi CTV. Tetapi, pertunangan mereka berakhir pada 2010 sebelum MacKay menjalin cinta dengan Afshin-Jam. (AFP/CBC/hep/dwi)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ratusan Orang Hilang Tertimbun Longsor


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler