Menhan Timor Leste Ajak Indonesia Latihan Militer Bersama

Rabu, 06 Mei 2015 – 07:56 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Pertahanan Timor Leste Cirilo Cristovao mengajak Kementerian Pertahanan Indonesia untuk menjalin sejumlah kerjasama militer dalam kunjungan bilateralnya pekan ini di Indonesia. Salah satunya adalah latihan militer bersama.

"Kami kerja sama kesepakatan antara TNI dan angkatan bersenjata Timor Leste,  INAMOR (Indonesian Army Monitoring Work) dan juga kerjasama pelatihan-pelatihan misi bersama. Serta pelatihan perwira jasmani dan pelatihan di bidang engineering yang difasilitasi TNI," ujar Menteri Cristovao melalui keterangan pers pada Rabu (6/5).

BACA JUGA: Pesawat TNI Bawa 26 WNI dari Nepal

Selain itu, lanjutnya, ada kesepakatan secara informal dengan Menhan Ryamizard Ryacudu untuk mengirim perwira Timor Leste pelatihan seskoal dan seskuad.

"Kerja sama cukup luas bukan saja pelatihan bersama tapi hal lain. Kita lihat proses nanti ke depan," tuturnya

BACA JUGA: Kalau Saya Di-reshuffle, Tidak Masalah

Tak hanya itu, Menteri Cristovao juga menjalin kerjasama bilateral dengan Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas). Salah satunya dengan mengirim lebih banyak anggota militer Timor Leste untuk menjalani Program pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) di Lemhanas.

Dia menuturkan Lemhanas berjanji akan menambah kuota militer Timor Leste sebagai peserta pendidikan tersebut untuk tahun depan.

BACA JUGA: Menteri Yuddy Bilang Presiden Jokowi Belum Pernah Bahas Reshuffle

"Kebetulan kami sudah ada empat siswa yang ikut program reguler Lemhanas. Tahun ini angkatan keempat. Kerjasama ini penting untuk siswa kami belajar," tandasnya. (flo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pak Tedjo Pasrah...


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler