Menhub Minta KAI dan Dirjen Perkeretaapian Bangun Lahan Parkir Bertingkat

Selasa, 11 Maret 2014 – 21:27 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) EE Mangindaan berkeinginan agar PT Kereta Api Indonesia (KAI) ikut andil dalam mengurangi kemacetan di Jabodetabek.

Karenanya dia meminta agar dalam hal ini KAI dapat bersinergi bersama Dirjen Perkeretaapian Kemenhub untuk membangun area parkir di stasiun Depok, Tangerang, Kota, Bogor dan Bekasi.

BACA JUGA: Bangkitkan Perkeretaapian, Seluruh Stakeholders Berkumpul

"Mungkinkah angan-angan saya untuk mengantisipasi macetnya kendaraan di kota-kota dapat terwujud. Karena saya dapat informasi jumlah kendaraan pribadi yang masuk di Jabodetabek sekitar 20 ribu kendaraan per tahun. Bagaimana kita berperan mengatasi ini, antara lain bangun parkiran di dekat stasiun," papar Mangindaan di Stasiun Tanjung Priok, Selasa (11/3).

Dengan menyediakan lahan parkir yang memadai, Mangindaan yakin masyarakat akan berpindah menggunakan moda transportasi kereta. Terlebih tingkat kemacetan saat ini sudah semakin tinggi.

BACA JUGA: Kemenhub Memilih Bekukan Izin Mengudara Merpati

"Bagaimana mengatasi agar kendaraan semuanya yang masuk ataupun keluar tidak dijam yang sama. Sehingga pengendara pasti tidak stres," terang dia.

Solusi lain, yakni Mangindaan meminta agar membuat stasiun bertingkat layaknya pembangunan di mall. Konsep itu dia tiru dari luar negeri.

BACA JUGA: Menteri Perhubungan Ngaku Pura-Pura Buang Air Kecil

"Pak Jonan dan Pak Dirjen mungkin kah stasiun dibuat bertingkat, seperti apartemen dan mall. Jadi nanti kebutuhan stasiun seperti parking area tidak di luar lagi, tapi di atas. Saya sudah keliling Eropa dan Tokyo, lihat stasiun di sana, jadi kenapa enggak kita lakukan itu," pungkas Mangindaan. (chi/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Berjuang Rebut Aset KAI, Dahlan Iskan Salut Pada Jonan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler