Menhub Optimis Mudik 2011 Lebih Baik

Sepeda Motor Rawan Kecelakaan

Senin, 22 Agustus 2011 – 14:09 WIB
JAKARTA- Menteri Perhubungan Freddy Numberi optimis arus mudik dan arus balik tahun ini akan berjalan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnyaHal ini didasari karena Kementerian Perhubungan sudah melakukan evaluasi seluruh persiapan mudik sejak jauh hari

BACA JUGA: Buru Nunun, KPK Andalkan Tim Lama

Dari hasil evaluasi itu, tidak ditemukan ada permasalahan berarti


"Kami mengecek bersama Kapolri dan Kementrian PU

BACA JUGA: Komite Etik akan Kembali Panggil Nazar

Dari hasil pantauan kita, 2011 ini mudah-mudahan lebih baik
Semuanya siap (kendaraan) sejak H-10 kemarin," kata Freddy menjawab wartawan di kantor Presiden, Senin (22/8).

Namun untuk tahun ini, Freddy mengimbau kepada pemudik yang menggunakan sepeda motor, untuk mengubah cara mudik mereka

BACA JUGA: Busyro Sebut Nazar Mengigau

Dari hasil evaluasi tiap tahun, 70 persen kecelakaan biasanya melibatkan pemudik yang menggunakan sepeda motorTahun ini diperkirakan terjadi peningkatan 7 persen pemudik menggunakan sepeda motor dan 6 persen menggunakan mobil pribadi.

"Bagi pemudik yang gunakan sepeda motor, kami imbau untuk naik kapal atau kereta api sehingga sepeda motornya bisa diangkut sajaKarena kecelakaan paling banyak itu 70 persen adalah motor," kata Freddy.

Dengan menggunakan angkutan seperti kapal atau kereta api, pemudik yang menggunakan sepeda motor dijamin lebih aman bahkan mendapatkan fasilitas takjil berbuka puasaUntuk melancarkan arus mudik pula, semua truk besar kecuali membawa sembako, akan dilakukan pembatasan beroperasi pada H-3 dan H+3 Idul Fitri.

Untuk mewaspadai kemacetan pada titik rawan longsor, dilakukan kerjasama dengan Kemen PU menyiapkan alat-alat beratJembatan timbang pada H-4 juga tidak digunakan lagi dan dijadikan kawasan peristirahatan pemudikPertamina juga diminta bersiap bila ada bahan bakar habis.

Sementara persiapan angkutan udara kata Freddy, memang ada kekhawatiran harga tiket bakal melewati batas atasUntuk itu melalui Dirjen telah diinstruksikan untuk rutin melakukan pengecekan penerbangan yang menjual tiket di atas ketentuan.

"Kalau ada ditemukan maka dikasi teguran bahkan kalau bisa trayek dikurangi, karena mereka tidak bisa menggunakan momentum untuk cari keuntungan sebesar-besarnya," tegas Freddy.

Diperkirakan kata Freddy, untuk arus mudik dan arus balik tahun ini akan dioperasikan 373 unit pesawatDiprediksi akan ada 4,7 juta penumpang yang akan menggunakan fasilitas transportasi udara ini.(afz/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Polri Dituding Tak Bernyali, Wakapolri Bungkam


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler