Menhub Resmikan Kantor Operasional Lion Air Group

Jumat, 21 Juli 2017 – 21:35 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meresmikan kantor operasional Lion Air Group. Foto dok Humas Lion

jpnn.com, TANGERANG - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meresmikan kantor operasional Lion Air Group di Jalan Marsekal Suryadharma, Tangerang, Banten, Jumat (21/7).

Peresmian tersebut ditandai dengan tanda tangan batu prasasti, yang juga dihadiri Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

BACA JUGA: Bulan Depan, Batik Air Bakal Masuk ke India

Presiden Direktur Lion Air Group Edward Sirait mengatakan, gedung LOC dibangun sejak 2015, dan beroperasi bertahap sejak 2016.

Gedung ini digunakan sebagai pusat operasional, melakukan penjadwalan dan pergerakan rotasi pesawat, kru, manajemen teknisi dan enginer.

BACA JUGA: Lion Air Group Gandeng BMKG, KNKT dan Universitas Diponegoro

“Di situ juga terdapat ruang workshop untuk pelatihan,” ujar Edward.

Di dalam gedung terdapat ruang monitoring pergerakan pesawat, kru kabin, dan kondisi cuaca sekitar bekerja sama dengan Air Navigation Indonesia, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dan Kementerian Perhubungan.

BACA JUGA: Kapan Tol Laut Balikpapan Bisa Direalisasikan?

Ruang rapat dan komunikasi antara awak kabin dengan pilot, juga ruang pemeriksaan kesehatan sebelum penerbangan yang dilengkapi dokter tersedia. Awak kabin secara rutin dilakukan pemeriksaan kesehatan dan penggunaan narkoba.

"Kami kontrol semua tanpa kecuali. Gedung LOC ini beroperasi penuh selama 24 jam. Seluruh kegiatan penerbangan terkontrol dengan baik," ucapnya.

Dia memastikan, seluruh pesawat dan awak kabin yang melayani penumpang dalam keadaan sehat laik terbang.

Gedung Lion Air Group Operation Center (LOC), memiliki dua tower yaitu biru dan merah masing-masing empat tingkat.

Tower biru berfungsi sebagai pusat managemen perawatan dan perbaikan untuk teknisi dan enginer. Tower merah adalah pusat operasional penerbangan maskapai naungan Lion Air Group di Indonesia yaitu Lion Air, Wings Air, Batik Air dan Bizjet.(chi/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Menhub Minta Operator Disiplin Terapkan Aturan Keselamatan


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler