Menikah Beda Usia: Arif Nikahi Wanita yang Jauh Lebih Tua

Jumat, 01 Desember 2017 – 06:46 WIB
Arifuddin bin Saharuddin dan Rabo binti Bella,saat ditemui di kediamannya, RT 6, Kelurahan Mansapa, Kecamatan Nunukan Selatan, Kamis (30/11). Foto: SYAMSUL/RADAR NUNUKAN/JPNN.com

jpnn.com - Menikah beda usia juga terjadi di Nunukan, Kalimantan Utara. Tepatnya di Rukun Tetangga (RT) 6, Kelurahan Mansapa, Kecamatan Nunukan Selatan.

----

BACA JUGA: Kakek Nikahi Gadis Muda, Beda Usia 33 Tahun

Arifuddin bin Saharuddin, seorang jejaka berusia 25 tahun, resmi mempersunting Rabo binti Bella yang telah menginjak 58 tahun.

Pernikahan mereka sudah disahkan Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Nunukan Selatan, Rabu (29/11) lalu.

BACA JUGA: Nenek Manih Bikin Gigi Palsu sebelum Nikahi Pemuda

Kepala KUA Nunukan Selatan, Adam S. Ag mengatakan, pernikahan dilangsungkan secara sederhana.

Sebab, kedua mempelai merupakan warga kurang mampu dan tidak memiliki keluarga di Kabupaten Nunukan saat ini.

BACA JUGA: Pria Muda Nikahi Nenek 65 Tahun

“Yang hadir hanya tetangga mereka sebagai saksi dan mempelai wanita hanya diwalihakimkan saja,” kata Adam kepada Radar Nunukan (Jawa Pos Group).

Dikatakan, sepekan sebelum prosesi ijab kabul itu digelar, pihaknya telah memintai keterangan untuk mecocokkan data diri yang dikeluarkan pihak kecamatan.

Termasuk mengetahui apakah kedua mempelai ini sudah sepakat atau ada paksaan untuk menikah.

“Sebenarnya tidak hanya mempelai yang beda usia ini saja. Tapi, seluruh mempelai yang ingin menikah diperlakukan sama. Karena, jangan sampai ada pihak-pihak yang menuntut di kemudian hari. Utamanya dari pihak perempuan,” jelas Adam.

Dijelaskan, pernikahan beda usia ini bukan hal baru terjadi. Khususnya di Kabupaten Nunukan. Karena sejak menjabat kepala KUA di beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Nunukan, dia sudah sering menemukan kejadian seperti ini. Hanya saja, si pria yang usianya jauh lebih tua.

Tapi, untuk mempelai wanitanya yang lebih tua dari lelakinya, baru kali ini. “Atas dasar cinta juga mereka menikah. Dan, ini lebih baik daripada saling diam dan akhirnya berbuat dosa,” ungkap Adam.

Arifuddin saat ditemui Radar Nunukan di kediamannya menyatakan, dia menikahi wanita setengah abad lebih itu atas dasar cinta dan kasih sayang.

Selama berada di Nunukan, keduanya memang tidak memiliki keluarga. Sehingga memilih untuk mendampingi

“Bagaimana yah Mas, inilah kehidupan. Sebelum saya memutuskan, saya sudah berpikir panjang. Begitu juga dengan istri saya. Dia meminta saya untuk berpikir lebih jauh lagi. Jangan sampai ada penyesalan,” akunya.

Dia mengaku merasa nyaman bersama istrinya ini. “Saya merantau lama sendiri. Dan, ketika saya membutuhkan dukungan dan perhatian, wanita ini selalu hadir. Saya yakin ini sudah takdir yang diberikan Tuhan kepada saya,” ujarnya.

Soal keluarga, lanjutnya, semuanya sudah mendukung. Makanya pernikahan ini dilakukan secepatnya. Selain lebih nyaman, juga menghindari omongan tetangga yang tidak baik.

“Iya, saya sudah mantap untuk menikah. Memang kami sudah saling sayang jadi memang perlu diresmikan saja,” ungkap Arif yang juga dibenarkan Rabo binti Bella. (oya/eza)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jangan Cemburu Mblo, Gadis 18 Tahun Ini Lebih Memilih Kakek Sulaeman


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler