Menilik Persaingan Basket 3x3 PON Papua 2021, Siapa Bakal Juara?

Selasa, 12 Oktober 2021 – 10:46 WIB
Tim basket 3x3 putri Kalimantan Barat berlatih sebelum dimulainya pertandingan basket 3x3 PON XX Papua di Stadion Basket, Mimika Sport Complex, Senin (11/10/2021).( Foto : PB PON XX Papua / Rommy Pujianto,).

jpnn.com, JAYAPURA - Cabang olahraga basket 3x3 akan mulai dipertandingkan secara resmi di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 pada hari ini, Selasa (12/10) di Mimika Sport Complex.

Sebanyak delapan tim putra dan putri akan berpartisipasi dalam ajang ini.

BACA JUGA: Perolehan Medali PON XX Papua: Jabar Nyaman di Puncak, Papua Mengancam DKI Jakarta

Pada sektor putra, Grup A diisi oleh Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Papua dan Jawa Tengah.

Bisa dipastikan persaingan pada grup ini sangat ketat karena Jawa Timur akan diperkuat oleh Widiyanta Putra Teja yang merupakan garda timnas basket 5x5.

BACA JUGA: Rekapitulasi Atletik PON XX Papua: NTB Raih Dua Emas, Termasuk dari Zohri

Selain itu, Sulawesi Selatan juga patut diwaspadai karena mereka memiliki pemain yang telah berpengalaman di ajang 3x3, yakni Erick Gosal.

Mantan pemain Universitas Pelita Harapan di Liga Mahasiswa itu tercatat sebagai penggawa 3x3 Indonesia pada ajang Asian Games 2018.

BACA JUGA: Lalu Muhammad Zohri Belum Menemui Lawan Sepadan di PON XX Papua

Papua dan Jawa Tengah juga tak bisa diremehkan. Meski menurunkan pemain-pemain muda, kedua daerah tersebut diyakini bakal menyulitkan Jawa Timur dan Sulawesi Selatan.

Berlanjut di Grup B yang diisi Jawa Barat, DKI Jakarta, Riau dan Sumatra Utara.

Persaingan di grup ini dipastikan merata karena keempat tim membawa materi pemain yang mirip-mirip untuk bersaing di event PON XX Papua.

Sektor Putri

Dari sektor putri dipastikan tidak kalah seru dengan putra. Grup A diisi DKI Jakarta, Sumatra Barat, Papua dan Kalimantan Barat.

Tuan rumah Papua menjadi kuda hitam dalam grup ini karena mereka memiliki pemain yang pernah menjadi MVP di ajang FIBA 3x3 Asia U-18 Asia Cup 2017, yakni Lea Elvensia Kahol.

Bisa dipastikan DKI Jakarta, Sumatra Barat dan Kalimantan Barat akan bersaing ketat dengan Papua untuk memperebutkan dua tiket ke babak semifinal.

Sementara Grup B diisi Bali, Jawa Tengah, Jawa Barat dan Sulawesi Selatan.

Tim yang berpotensi membuat kejutan di grup ini di antaranya Bali dan Jawa Tengah.

Bali yang dipimpin oleh Michelle Kurniawan memiliki skuad yang lengkap dan berpengalaman.

Kemudian Jawa Tengah membawa Dewi Putri Sungging Sari yang baru pulih dari cedera. Kembalinya Dewi Putri menjadi tambahan kekuatan tersendiri bagi Jateng.

Rencananya laga cabor bola basket 3x3 PON XX Papua akan digelar pukul 16.00 WIB, dibuka laga antara tim putri DKI Jakarta melawan Kalimantan Barat.

Cabor basket 3x3 akan memperebutkan dua medali emas untuk kategori beregu putra dan putri.

Tim putra Jawa Timur dan putri Bali berpotensi meraih medali emas di cabor ini.(pon/mcr16/jpnn)


Redaktur : Dhiya Muhammad El-Labib
Reporter : Muhammad Naufal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler