Meningkatkan Kemampuan Literasi & Numerasi Siswa, Pemkot Makassar Gandeng Zenius

Kamis, 11 Mei 2023 – 08:15 WIB
Pemkot Makassar menggandeng Zenius untuk memberikan tryout bagi siswa SD dan SMP menjelang ANBK 2023. Foto: dok. Zenius

jpnn.com - JAKARTA - Hasil Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) 2021 menunjukkan kemampuan literasi dan numerasi siswa SD-SMP di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, masih berada di bawah kompetensi minimum. Ini sama dengan rata-rata hasil capaian siswa nasional.

Meski demikian, hasil tersebut masih di bawah rata-rata ibu kota provinsi yang ada di pulau Jawa, seperti Yogyakarta, Surabaya, Semarang, atau Bandung.

BACA JUGA: Jerry Sambuaga: Dengan Menguasai Literasi, Risiko Perdagangan Kripto Bisa Diminimalkan

Dari hasil tersebut, Dinas Pendidikan Kota Makassar menggandeng Zenius dan New Primagama melakukan tryout AKM untuk siswa SD kelas 4 dan SMP kelas 7, guna persiapan menghadapi ANBK 2023.

Kepala Dinas Kota Makassar Pendidikan H. Muhyiddin mengatakan tryout AKM ini merupakan awal dari rangkaian komitmen pemkot dan Zenius untuk meningkatkan kualitas siswa di daerah tersebut.

BACA JUGA: Zenius Gelar New Primagama X Danamon Mencari Juara, Buruan Mendaftar 

Tryout yang diselenggarakan pada 9 dan 10 Maret ini diikuti oleh lebih dari 4.500 siswa di lebih dari 260 sekolah SD dan SMP yang ada di Kota Makassar. Penyelenggaraan tryout tersebut dilaksanakan secara online melalui platform Zenius. Seluruh soal yang diujikan telah disesuaikan dengan standar soal dari Pusmenjar.

“Tryout AKM yang diselenggarakan bersama Zenius akan menjadi tolok ukur awal untuk melihat kemampuan siswa di daerah kami," kata Muhyiddin dalam keterangannya dikutip pada Kamis (11/5).

BACA JUGA: Ketum TP PKK Ajak Generasi Muda Menjauhi Narkoba & Tingkatkan Literasi Digital

Lebih lanjut dikatakan kerja sama antara Dinas Pendidikan Makassar dan Zenius ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui pengembangan kapasitas guru, siswa, dan pembelajaran berbasis teknologi melalui penggunaan platform Zenius.

Founder Zenius Sabda PS berharap kerja sama dengan Dinas Pendidikan Kota Makassar bisa terus berlanjut agar bisa memberikan dampak lebih besar terhadap para siswa dan satuan pengajar di daerah tersebut.

"Kami percaya komitmen untuk meningkatkan kapasitas para siswa membutuhkan kerja sama dengan para pemangku kepentingan dari berbagai pihak," ujarnya.

Kerja sama dengan Dinas Pendidikan Kota Makassar akan dilanjutkan dengan pelatihan pengembangan kompetensi para guru dan satuan pengajar di Makassar.

Sabda menambahkan tryout AKM akan digelar sekali lagi untuk melihat kemajuan para siswa dan mengukur efektivitas kerja sama Zenius dan Pemkot Makassar. (esy/jpnn)


Redaktur : Soetomo Samsu
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler