Menjadi Vegetarian Bisa Mengubah Tubuh dan Pikiran

Rabu, 07 Maret 2018 – 23:43 WIB
Mengonsumsi sayuran dan buah. Foto: Ilustrasi

jpnn.com, JAKARTA - Anda mungkin pernah berpikir mengubah gaya hidup menjadi vegetarian.

Menghilangkan daging dari menu makanan Anda memang bisa menghemat uang dan meningkatkan energi, serta membantu lingkungan.

BACA JUGA: Bahaya! Jangan Bungkus Daging dengan Plastik Hitam

Tapi sebenarnya, tubuh dan pikiran Anda mungkin berubah dengan cara mengejutkan. Seperti dilansir laman Cheat Sheet, Selasa (6/3).

Anda mungkin menjadi anemia

BACA JUGA: Zul: Dulu Sehari-hari Makan Ikan, Daging Itu Nunggu Lebaran

Protein hewan adalah sumber zat besi utama, jadi mudah terkena anemia saat Anda tidak lagi mengonsumsi daging.

Ini adalah masalah umum bagi vegetarian, tapi Anda bisa menjaga asupan zat besi Anda dengan mengonsumsi banyak sayuran dan kacang hijau dan mengonsumsi suplemen.

BACA JUGA: Sandi Cek Stok Daging Untuk Jakarta, Hasilnya....

Anda mungkin akan merasa kembung pada awalnya

Anda mungkin pernah mendengar bahwa menjadi vegetarian bisa memperbaiki pencernaan Anda, tapi bagi beberapa orang, ini adalah proses yang panjang.

Semua karbohidrat yang tidak dicerna dalam sumber protein nabati dan makanan nabati lainnya bisa mengubah profil bakteri di usus Anda, yang menyebabkan Anda menjadi kembung. Tapi jangan khawatir, itu sementara, dan bakteri baru itu sehat.

Selera Anda mungkin berubah

Setelah Anda beralih ke tanpa daging, Anda bisa memperhatikan dengan baik bahwa Anda tidak merasakan makanan seperti dulu.

Hal ini disebabkan oleh penurunan seng, yang paling banyak ada pada tiram dan daging merah dan sangat penting untuk selera dan pendengaran.

Vegetarian mungkin benar-benar membutuhkan lebih banyak seng daripada pemakan daging.

Seng ditemukan pada kacang-kacangan dan yogurt, namun asam fitat dalam biji-bijian dan kacang-kacangan bisa mengganggu penyerapan seng.

Jika Anda memperhatikan bahwa Anda tidak mencicipi makanan seperti dulu, ganti makanan dan pertimbangkan untuk menambahkan suplemen seng.

Anda bisa mengalami depresi

Beberapa orang melaporkan merasa "vegan tinggi" saat mereka pertama kali melepaskan daging, namun sebuah studi baru-baru ini telah menghubungkan vegetarisme dengan depresi.

Karena mengonsumsi makanan seimbang sangat penting saat Anda tidak makan daging, para vegetarian mungkin akan kekuranga vitamin, mineral dan asam lemak yang penting bagi fungsi neurologis.

Tambahkan kembali apa yang telah Anda kurangi melalui diet dan suplemen Anda untuk memastikan mood Anda tetap seimbang.

Anda bisa merasa gelisah di malam hari

Makan banyak daging, terutama daging merah, telah diketahui membuat Anda merasa lesu dan mengantuk. Sebaliknya, Anda mungkin merasakan semburan energi baru begitu Anda mulai menjalani kehidupan vegetarian.

Kulit Anda mungkin terlihat lebih baik

Jika Anda makan makanan bergizi sebagai vegetarian, kulit Anda akan terlihat lebih baik.

Vitamin dalam buah dan sayuran memerangi radikal bebas dan mengandung antioksidan tinggi yang menyebabkan kulit bersinar indah.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Makanan Vegetarian Ini Lebih Banyak Zat Besi daripada Daging


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
vegetarian   Daging  

Terpopuler