Menjajal ASUS ROG Phone 5: Puas Tetapi Panas

Senin, 09 Agustus 2021 – 12:18 WIB
Review ASUS ROG Phone 5. Foto: ridha/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Pasar ponsel gaming-centric di Indonesia bisa dibilang terbatas ketimbang kategori lain. Kendati demikian, ASUS terbilang konsisten bermain di segmen tersebut.

Melalui ROG Phone series, ASUS terus berupaya memuaskan penggemar ponsel gaming di tanah air.

BACA JUGA: Jelang Tengah Malam, Pengunjung Kafe Heboh, Lantai Bersimbah Darah

Terbaru, mereka merilis model ROG Phone 5 pada Juni lalu, sebagai langkah ASUS menyempurnakan seri sebelumnya, ROG Phone 2 dan 3.

Asus Regional Director Southeast Asia Jimmy Lin mengeklaim ASUS ROG Phone 5 sebagai perwujudan paling kuat dan canggih.

BACA JUGA: ASUS ROG Phone 5 Hadir dalam 2 Varian, Ini Perbedaan Spesifikasi dan Harganya

"ROG Phone 5 Series hadir dengan peningkatan di berbagai aspek untuk memberikan para gamers pengalaman bermain gim terbaik," jelas Jimmy.

Tersedia dalam dua varian, yakni ROG Phone 5 reguler dan ROG Phone 5 Ultimate.

BACA JUGA: Samsung Siapkan HP Galaxy A52s 5G, Ini Kisaran Harganya

Kebetulan kami mendapat kesempatan untuk membuktikan performa ROG Phone 5 reguler 8GB/128GB. Berikut ulasannya.

ASUS ROG Phone 5. Foto: ridha/JPNN

Performa
Di atas kertas, ASUS ROG Phone 5 diotaki chipset terkuat besutan Qualcomm, yakni Snapdragon 888, bersama kapasitas penyimpanan RAM 8 GB dan ROM 128 GB (versi reguler), ditambah fitur khusus X-mode guna memaksimalkan performa saat bermain gim.

Selain itu, baterai besar tidak ketinggalan sebagai penunjang utama, berkapasitas 6.000mAh yang dibagi dalam dua cell (bagian) dan didukung teknologi fast charging 65W.

Sebelum menjajal, sekadar informasi, ROG Phone 5 mencatatkan hasil benchmark yang cukup tinggi dibanding beberapa rivalnya.

Ada beberapa permainan yang kami coba, seperti PUBG Mobile, Free Fire, dan Genshin Impact.

Secara keseluruhan terutama untuk dua gim pertama, semua berjalan dengan lancar tanpa patah-patah dan bisa dijalankan dengan kualitas grafis tertinggi, Ultra HD serta frame rate High.

Nah, untuk gim terakhir yang terbilang lebih berat dibanding dua sebelumnya, yakni Genshin Impact, kualitas permainan yang kami rasakan pun tak kalah menarik hanya saja menimbulkan sensasi panas di tangan.

Wajar saja, Genshin Impact merupakan gim yang sangat menyedot kinerja hardware.

Gim RPG besutan Mihoyo tersebut menawarkan kualitas tampilan visual yang memanjakan mata dan sejumlah efek meriah.

Bahkan, untuk melakukan pembaruan data saja setelah unduh bisa mencapai 8 GB. Sedangkan update ke versi terbaru, gim membutuhkan unduhan data sekitar 3 GB.

Artinya, tidak bisa sembarangan handphone Android bisa memainkan Genshin Impact dengan lancar, tentunya harus memiliki spesifikasi mumpuni.

Namun, ROG Phone 5 sejauh yang kami siksa tetap bisa memainkannya dengan mulus, berkat fitur X-Mode yang memastikan hardware ponsel siap dipakai secara optimal.

Bahkan, kami leluasa menyetel semua pilihan, mulai dari resolusi render, kualitas bayangan, SFX, hingga FPS-nya.

Performa tinggi itu pun sejalan dengan terkurasnya daya tahan. Bisa dibilang, Genshin Impact juga tak kalah menguras daya baterai ketimbang dua gim sebelumnya.

Layar
Dibekali layar depan AMOLED 6,78 inci 2448 x 1080 piksel, refresh rate 144Hz, touch sampling rate 300Hz, HDR10+, kecerahan 1200 nits, dan dilapisi Gorilla Glass Victus.

Layar besar tersebut menawarkan rasa nyaman saat bermain gim ataupun sekadar berselancar di media sosial.

Dengan refresh rate adaptive 60Hz, 120Hz, dan 144Hz, ponsel bisa menyesuaikan kebutuhan pengguna terutama saat bermain gim dengan efek yang luar biasa meriah.

unboxing ASUS ROG Phone 5. Foto: ridha/JPNN

Desain
Kesan pertama kami rasakan ialah premium berkat logo ROG Phone dengan RGB light yang berkilau saat diaktifkan.

Memiliki dimensi 172.8 x 77.3 x 10.3 mm dan bobot 238 gram, artinya terbilang berat.

Panel belakang terbuat dari kaca membuat ROG Phone 5 terasa licin digenggaman, apalagi jika tangan basah dan tentu saja mudah meninggalkan sidik jari.

Namun tidak perlu khawatir, ASUS sudah menyediakan case berdesain atraktif. Tidak hanya tampil keren, tetapi juga membuat lebih nyaman digenggam.

Untuk bagian depan bodi dilapisi kaca anti gores, Gorilla Glass Victus. Begitu pula cangkang yang terlindung panel kaca Gorilla Glass. Frame-nya terbuat dari logam dipoles warna doff.

Sentuhan warna merah muda di bagian sim tray pada ruas kiri bawah dan di lapisan luar tombol power yang ada di sisi kanan.

Ada yang menarik di bagian kanan bodi. Selain pengatur volume, tombol daya, tersedia juga gaming triggers seperti L1 dan R1 layaknya stik konsol.

Kesimpulan
Suhu panas saat bermain gim berat memang sedikit mengganggu. Namun, ASUS ROG Phone 5 sudah ditanami sistem pendingin yang kini memiliki struktur termal optimal, meletakkan CPU di tengah perangkat dengan baterai pada setiap sisi CPU.

Penempatan itu membuat panas yang dihasilkan tersebar ke setiap sudut sasis.

Selanjutnya, ada ruang uap 3D dari lembar grafit. Sistem pendingin AeroActive Cooler 5 juga ditempatkan di tengah untuk masuk dan keluar udara di lokasi CPU.

Penurunan suhu dengan cara tersebut diklaim dapat mencapai 10 derajat Celcius. (rdo/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Xiaomi Gulirkan Update Android 11 untuk Redmi 9T


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler