Menjajal Honda PCX160 Berfitur HSTC dengan Rute Malang-Bromo, Tanpa Waswas

Sabtu, 28 Oktober 2023 – 19:18 WIB
Honda PCX160 tipe ABS yang dibekali fitur HSTC. Foto: ridho

jpnn.com, MALANG - Salah satu fitur andalan di skuter matik Honda PCX160 ialah Honda Selectable Torque Control (HSTC).

Teknologi yang sebelumnya digunakan pada big bike Honda itu kini sudah hadir di skutik kelas menengah. Selain di PCX160 juga ADV 160.

BACA JUGA: Puncak Acara HBD 2023 Bakal Dibanjiri Belasan Ribu Bikers Honda

Melalui HSTC, motor yang menggendong mesin generasi terbaru dengan kapasitas 160cc 4 katup, eSP+ itu mampu memberikan rasa aman dengan pengendalian yang lebih baik.

Kami pun berkesempatan menjajal Honda PCX160 tipe ABS yang sudah dibekali fitur HSTC, dalam kegiatan touring jelajah Malang-Bromo menuju Honda Bikers Day (HBD) 2023, Jumat-Sabtu (27-28/10).

BACA JUGA: Mengenal Manfaat dan Cara Kerja Fitur Honda Selectable Torque Control

Touring yang melibatkan puluhan awak media itu menempuh jarak sekitar 125 km, sembari menikmati keindahan pemandangan Kota Malang hingga pegunungan Bromo.

BACA JUGA: Honda PCX160 Bawa Peningkatan Signifikan, Sebegini Harganya

Berbagai kondisi jalan dapat kami nikmati dengan nyaman tanpa rasa was-was.

Terutama ketika memasuki dataran tinggi menuju area Gunung Bromo, melewati rangkaian tanjakan dan turunan panjang berliku.

Tantangan lainnya ialah tak sedikit jalan berpasir yang berisiko membuat ban selip harus kami lalui.

Namun, berkat bantuan teknologi HSTC yang secara otomatis aktif ketika posisi motor ON, sensasi mengendarai PCX160 pun terjaga baik.

Dalam kondisi tersebut, Honda Selectable Torque Control bekerja memberikan batasan pada torsi mesin untuk disalurkan ke roda belakang, dalam hal ini pengapian mesin diputus sepersekian detik.

Dengan begitu, perbedaan kecepatan putaran pada ban depan dengan belakang tidak jomplang untuk meredakan efek selip.

Ban selip pada kondisi jalan berpasir biasa disebut gejala power skid, sebuah kondisi yang disebabkan pengendara motor menarik gas terlalu kencang yang menyebabkan ban kehilangan traksinya pada jalan.

Perlu diingat, fitur HSTC akan memberikan dampak besar jika dibarengi dengan gaya dan kesadaran berkendara yang baik.

Pola kerja

Fitur HSTC akan bekerja saat sensor yang ada pada tiap roda mendeteksi adanya perbedaan kecepatan putaran roda depan dan belakang.

Kemudian informasi tersebut dikirimkan ke ECU untuk memerintahkan Engine Torque Control (ETC) memutus sementara pengapian mesin.

Saat ETC memutus pengapian, secara otomatis kerja mesin akan terhenti dalam sepersekian detik, sehingga penyaluran torsi mesin ke roda belakang terputus untuk meminimalisir efek selip.

Fitur HSTC bisa dimatikan secara manual dengan cara menekan tombol SEL (Select) untuk masuk ke menu dan pilih sampai mode HSTC muncul di layar.

Kemudian tahan tombol SET hingga muncul keluar logo T silang yang berarti fitur HSTC sudah nonaktif.

Touring jelajah Malang-Bromo berakhir ketika rombongan menghadiri puncak acara Honda Bikers Day (HBD) 2023, yang digelar di Lapangan Rampal, Malang. (rdo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Motor Honda PCX 160 dan Honda ADV 160 Bersinar Selama GIIAS 2022


Redaktur & Reporter : M. Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler