Menjelang Iduladha, Polresta Pekanbaru Cek Hewan Kurban dan Bahan Pokok

Senin, 20 Mei 2024 – 17:29 WIB
Kasatreskrim Polresta Pekanbaru Kompol Bery Juana Putra saat mengecek bahan pokok di pasar Pekanbaru, Senin (20/5). Foto: Polresta Pekanbaru.

jpnn.com, PEKANBARU - Menjelang Iduladha 1445 Hijriah, Polresta Pekanbaru melakukan pengecekan ketersediaan dan kelayakan hewan kurban serta bahan pokok di berbagai lokasi di Kota Pekanbaru.

Hal tersebut dilakukan untuk memastikan kondisi hewan dan bahan pokok yang akan dikonsumsi oleh masyarakat selama Iduladha.

BACA JUGA: Prakiraan Cuaca Riau Hari Ini, BMKG Pekanbaru: Waspada

Kasat Reskrim Polresta Pekanbaru Kompol Bery Juana Putra mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan pengecekan di beberapa lokasi peternakan sapi di Pekanbaru, termasuk peternakan Putri Adika di Jalan Sialang Bungkuk.

Dia memastikan bahwa hewan-hewan di peternakan tersebut telah divaksin dan diperiksa kesehatannya oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kota Pekanbaru.

BACA JUGA: Simak Prakiraan Cuaca Riau Hari Ini, BMKG: Ada Potensi Hujan Disertai Petir, Waspada

“Berdasarkan hasil pengecekan, total stok hewan sapi di Pekanbaru mencapai 3.263 ekor,” kata Bery, Senin (20/5).

Menurutnya, sapi-sapi tersebut terdiri dari berbagai jenis, seperti sapi Bali, sapi PO (peranakan ongol), sapi simental, sapi limosin, dan sapi brahman.

BACA JUGA: Diduga Korupsi Dana Pengelolaan Kebun Sawit 500 Hektare, Direktur BUMDes Ditahan Kejati Riau

“Sapi-sapi ini berasal dari berbagai daerah, seperti Lampung, Pasir Pangaraian, Bangkinang, Pasar Minggu Tapung, dan Kandis,” lanjutnya.

Selain memeriksa hewan kurban, Polresta Pekanbaru juga melakukan pengecekan ketersediaan bahan pokok, seperti beras, gula, dan bawang putih.

Bery menyampaikan bahwa stok bahan pokok di Pekanbaru cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama Iduladha.

Pengecekan bahan pokok dilakukan di berbagai distributor dan toko, seperti gudang beras UD. Maju Jaya, toko BJ. Eva, dan toko UD. Hidup Jaya.

“Hasil pengecekan menunjukkan bahwa stok beras di Pekanbaru mencapai 1.196.394 Kg, gula 7.611 Kg, dan bawang putih 45.000 Kg,” bebernya.

Mantan Kasatreskrim Polres Kampar itu meyakini bahwa stok bahan pokok cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Kota Pekanbaru.

Upaya Polresta Pekanbaru dalam memastikan kelayakan hewan kurban dan ketersediaan bahan pokok ini diharapkan dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat dalam merayakan Iduladha 1445 Hijriah. (mcr36/jpnn)


Redaktur : Dedi Yondra
Reporter : Rizki Ganda Marito

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler