Menjelang Pembukaan Seleksi Penerimaan CASN, Pemprov Babel Sampaikan Imbauan Penting

Selasa, 29 Agustus 2023 – 14:00 WIB
Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Babel Susanti. (ANTARA/ Elza Elvia)

jpnn.com - JAKARTA - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meminta warga mewaspadai berbagai modus penipuan penerimaan calon aparatur sipil negara (CASN).

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Babel Susanti mengatakan bahwa penerimaan CASN sama sekali tidak ada pungutan biaya.

BACA JUGA: Cermati Pengumuman Lowongan CASN, Pendaftaran CPNS 2023 & PPPK Pakai Link Ini 

"Jangan mudah percaya dengan pihak-pihak yang bertanggung jawab, berita hoaks atau modus penipuan apa pun yang berkaitan dengan penerimaan calon ASN ini," kata Susanti di Pangkalpinang, Selasa (29/8).

Susanti menyampaikan hal ini terkait rencana pembukaan pendaftaran penerimaan calon ASN yang akan dilakukan Pemprov Babel dalam waktu dekat.

BACA JUGA: PGRI Apresiasi Panselnas CASN PPPK Guru 2022, Blak-blakan Ungkap Kekurangannya

Menurut Susanti, seleksi penerimaan CASN Pemprov Babel pada tahun ini telah diatur melalui Surat Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor: 8229/B-KS.04.01/SD/K/2023 yang diterbitkan pada 21 Agustus 2023 perihal Jadwal Pelaksanaan Seleksi Calon ASN Tahun 2023.

Pedoman itu dibuat berdasarkan Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor: B/1871/M.SM.01.00/2023 tanggal 21 Agustus 2023 perihal Penyesuaian Jadwal Pelaksanaan Seleksi Calon ASN Tahun 2023.

BACA JUGA: Ketua Panselnas CASN: Pengumuman PPPK Guru 2022 Sudah Bisa Dilihat, Belum Seluruh Instansi

Susanti juag menjelaskan bahwa ASN terdiri dari dua unsur, yakni  pegawai negeri sipil (PNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

"Pelaksanaan seleksi penerimaan calon ASN pada tahun ini untuk kementerian/lembaga dibuka formasi bagi PNS dan PPPK, sedangkan di provinsi hanya untuk PPPK," ungkapnya.

Meski demikian, dia mengatakan, penerbitan keputusan pembukaan pendaftaran CASN tersebut merupakan kabar gembira bagi masyarakat yang pengin mengabdi sebagai aparatur sipil. Sementara, bagi Pemprov Babel, hal itu bermanfaat untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Ini kesempatan baik bagi siapa saja yang berminat dan ingin mengabdi sebagai PNS dan PPPK. Ini kesempatan menjadi PNS khusus untuk kementerian/lembaga bagi masyarakat mengabdi sebagai pegawai yang memberikan pelayanan kepada masyarakat," katanya.

Dia mengatakan bagi yang berminat agar dapat segera menyiapkan diri, mulai persiapan kelengkapan administrasi, pembelajaran, kesiapan mental, dan spiritual.

Informasi terkait penerimaan akan disampaikan melalui sejumlah kanal resmi milik pemerintah, antara lain website bkpsdmd.babelprov.go.id dan babelprov.go.id.

"Pengumuman dapat dilihat melalui akun media sosial instagram bkpsdmd.babel, rendapeg.bkpsdmdbabel, diskominfobabel, dan inradiofm. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi "helpdesk" (081818817772) agar lebih jelas dan menghindari terjadinya penipuan," katanya. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler