Menkeu Usulkan Multiyears, Komisi X Ngaku Tak Membahas

Rabu, 30 Mei 2012 – 14:44 WIB
JAKARTA –  Munculnya anggaran Rp1,2 triliun proyek sarana dan prasarana olahraga di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, mengagetkan banyak pihak.  Termasuk anggota Komisi X yang notabene mitra kerja Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). 

Anggota Panitia Kerja (Panja) Pusat Pendidikan Pelatihan dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) Zulfadhli, membeberkan, kronologis munculnya anggaran Rp1,2 triliun yang kini menjadi kontroversi itu. Menurutnya, munculnya gagasan pembangunan P3SON Hambalang, ini memang berawal dari usulan Menpora pada saat rapat kerja April 2010, ketika membahas perubahan anggaran 2010.

Dijelaskan, Menpora Andi Malaranggeng, mengusulkan membangun sport center sebagai pengembangan dari menteri sebelumnya. Karena anggaran P3SON sangat besar, imbuh dia, Komisi X akan mendalami dalam rapat kerja khusus.

“Namun sampai anggaran tahun 2010 berakhir, kita tidak pernah rapat kerja dengan Mempora. Tiba-tiba kita tahu bahwa anggaran P3SON sudah tersedia dalam perubahan anggaran tahun 2010, kemudian menteri meminta tambahan untuk anggaran murni 2011,” kata Zulfadhli di Jakarta, Rabu (29/5).

Mantan Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Barat itu menambahkan, ketika menteri meminta tambahan anggaran 2011 itulah, Komisi X baru tahu ternyata program P3SON disetujui oleh Menteri Keuangan menggunakan program multi years (program tahun jamak).

Dia mengatakan, Komisi X merasa kaget karena belum pernah melakukan rapat khusus tiba-tiba sudah disetujui Menkeu. “Atas usulan Menkeu, ini menjadi program multi years," jelas politisi Partai Golkar itu.

Dia menegaskan,  Komisi X tidak betul-betul tidak memiiki informasi yang cukup dan tidak mengetahui tentang bagaimana proses perencanaan, penganggaran, dan bagaimana pengambilan keputusan bahwa proyek ini masuk program multi years. “Karena tidak pernah dibahas dalam raker. Karena keganjilan itu kami membentuk Panja P3SON,” tegasnya. (boy/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... KPK Undur Pertemuan dengan TIM Panwas Century

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler