Menko Airlangga Hadiri Tradisi Penyebaran Apem Yaa Qawiyyu di Klaten, Simak Pesannya

Jumat, 23 Agustus 2024 – 14:23 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menghadiri prosesi acara puncak Saparan Apem Yaa Qawiyyu di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Jumat (23/8). Foto: Dokumentasi Humas Kemenko Perekonomian

jpnn.com, KLATEN - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menghadiri prosesi acara puncak Saparan Apem Yaa Qawiyyu pada Jumat (23/8).

Tradisi penyebaran Apem Yaa Qawiyyu yang sarat dengan kearifan lokal tersebut merupakan salah satu acara budaya yang paling dinanti di Kecamatan Jatinom, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah, yang menonjolkan kekayaan tradisi dan keunikan kuliner lokal.

BACA JUGA: Menko Airlangga: Orkestrasi Pemangku Kepentingan Penting untuk Wujudkan Target Inklusi

Kegiatan ini telah mengundang banyak perhatian masyarakat dan mampu menarik minat wisatawan untuk datang menghadiri.

Sedikitnya ada lebih dari 10 ribu orang yang hadir pada acara tersebut.

BACA JUGA: Pimpin Pertemuan Bilateral AZEC dan Pemerintah Jepang, Menko Airlangga Tegaskan Hal Ini

Mereka tidak hanya berasal dari Kabupaten Klaten dan Kabupaten sekitarnya, masyarakat yang hadir juga berdatangan dari seantero tanah air dan menjadi sekaligus menjadi penarik wisatawan mancanegara.

”Saya sangat mengapresiasi masyarakat Kabupaten Klaten yang hingga saat ini turut berkontribusi dalam melanjutkan tradisi dan mempromosikan kekayaan budaya Indonesia," kata Menko Airlangga dalam keterangannya, Jumat (23/8).

BACA JUGA: Menko Airlangga Sebut Indonesia Siap jadi Pemain Utama di Era Artificial Intelligence

Menurut Airlangga, tradisi ini menunjukkan sinergi antara pelestarian budaya dan upaya untuk mengembangkan perekonomian lokal.

Sebelum menghadiri acara tersebut, Menko Airlangga juga menyempatkan diri mengunjungi Museum JogloNingrat.

Terletak di jantung kota Surakarta, museum tersebut menjadi destinasi utama untuk mengeksplorasi kekayaan budaya dan sejarah Jawa.

Museum JogloNingrat menampilkan koleksi berbagai artefak dan benda bersejarah yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat Jawa, khususnya pada zaman kerajaan.

Setelah menjelajahi keindahan dan sejarah di Museum JogloNingrat, Menko Airlangga beserta rombongan melanjutkan kunjungan di Kabupaten Klaten dengan melakukan salat Jumat bersama masyarakat sekitar di Masjid Ghede Jatinom.

”Ini merupakan kesempatan istimewa yang memadukan edukasi budaya, refleksi spiritual, dan kebahagiaan dalam satu rangkaian acara yang penuh dengan nilai-nilai berharga,” ujar Menko Airlangga. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler