Menko Airlangga Optimistis Perekonomian Bangsa Tumbuh Makin Kuat

Jumat, 16 Juni 2023 – 17:57 WIB
Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto optimistis perekonomian bangsa tumbuh makin kuat pacapandemi Covid-19. Dia mengatakan hal itu sesaat sebelum melakukan kunjungan kerja ke Cirebon menggunakan kereta api. Foto: Kemenko Perekonomian.

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto optimistis perekonomian bangsa akan tumbuh makin kuat, melihat aktivitas ekonomi masyarakat yang kembali berjalan normal.

Dia mengatakan hal tersebut sesaat sebelum melakukan kunjungan kerja, memantau aktivitas ekonomi masyarakat di Cirebon, Jawa Barat, pascapandemi Covid-19.

BACA JUGA: Berpengalaman Kelola Negara, Airlangga Sosok Cawapres yang Dibutuhkan Prabowo

Menko Airlangga menggunakan moda transportasi kereta api saat berangkat ke Cirebon.

"Aktivitas masyarakat (pascapandemi) sudah mulai normal. Artinya, aktivitas ekonomi juga sudah berjalan normal dan ini sangat berpengaruh positif bagi ekonomi nasional agar tumbuh makin kuat," ujar Airlangga di Stasiun Kereta Api Gambir, saat akan melakukan kunjungan kerja ke Cirebon, Jumat (16/6).

BACA JUGA: Jokowi Meluncurkan RPJPN 2025-2045, Demi Capai Indonesia Emas 2045

Menko Airlangga yang ketika masa pandemi merupakan Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, berkunjung ke daerah untuk melihat langsung mobilitas masyarakat serta berinteraksi hangat dengan masyarakat pengguna jasa transportasi kereta api.

Menko Airlangga menyempatkan menyapa para penumpang serta pedagang, saat menuju peron.

BACA JUGA: Menko Airlangga Bertemu Huayou Cobalt, Bahas Investasi Baterai Kendaraan Listrik di Indonesia

Dalam bincang singkat tersebut para pedagang menceritakan Stasiun Gambir saat ini telah kembali ramai dan berjalan normal seperti sebelum masa pandemi.

Dengan terkendalinya Covid-19 saat ini pada akhirnya sangat berdampak positif bagi para pedagang, mengingat ketika masa pandemi jumlah penumpang sangat terbatas.

Sambil menikmati pemandangan yang tersaji selama perjalanan ke Cirebon, Menko Airlangga mencicipi kuliner nasi goreng yang menjadi menu andalan di gerbong kereta makan Kereta Api Argo Cheribon.

Dia juga berbincang hangat dengan para penumpang yang juga sedang menikmati kuliner di kereta api tersebut.

Sebagai informasi, sejak Surat Edaran Kasatgas Covid-19 Nomor 1 Tahun 2023 diterbitkan, seluruh pelaku perjalanan harus tetap melakukan perlindungan secara pribadi dari penularan Covid-19 dan dianjurkan tetap melakukan vaksinasi Covid-19 sampai booster kedua atau dosis keempat.

Namun, pelaku perjalanan diperbolehkan tidak menggunakan masker apabila dalam keadaan sehat dan tidak berisiko tertular atau menularkan Covid-19.

Turut mendampingi Menko Airlangga antara lain Sekretaris Kemenko Perekonomian, Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan UMKM Kemenko Perekonomian, beserta tim ahli dan tim asistensi Menko Perekonomian. (gir/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Menko Airlangga Apresiasi Akreditasi IABEE/PII Oleh Washington Accord


Redaktur & Reporter : Kennorton Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler