Menko Luhut Sebut 9 Perusahaan Asing Siap Berinvestasi di KIPI Tanah Kuning

Minggu, 05 Desember 2021 – 05:58 WIB
Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil (kiri) bersama Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan meninjau persiapan groundbreaking kawasan industri di Tanah Kuning, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara, Kamis (2/12). Foto: Humas Kementerian ATR/BPN

jpnn.com, BULUNGAN - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyebut sudah ada 9 perusahaan yang akan berinvestasi di kawasan industri di Tanah Kuning, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara (Kaltara).

"Perencanaannya sudah beberapa waktu lalu, nanti ada 9 perusahaan dari mancanegara yang akan investasi di sana dan kita berharap bisa berjalan dengan baik," ujar Menteri Luhut, Kamis (2/12)

BACA JUGA: Jokowi Minta Jenderal Listyo Mengganti Kapolda yang Tidak Bisa Mengawal Investasi 

Dia menekankan semua pemangku kepentingan mendukung proyek tersebut.

Peletakan batu pertama atau groundbreaking akan dilakukan Presiden Joko Widodo pada 16 Desember nanti.

BACA JUGA: Putusan MK Soal UU Ciptaker Hambat Investasi Masuk ke Indonesia?

"Semua kerja bersama karena akan banyak proyek, salah satunya proyek aluminium dan kalau sesuai rencana nanti presiden yang akan melakukan groundbreaking ini," katanya.

Rapat Koordinasi Persiapan Groundbreaking KIPI di Tanah Kuning juga dihadiri Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil.

BACA JUGA: Megawati Copot Ketua DPRD Kaltara, Ternyata Ini Masalahnya

"Saya siap mendukung apa saja yang dapat kita dukung sehingga dapat menciptakan ruang investasi yang luar biasa di sini," tegas Sofyan Djalil.

Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang mengatakan jajaran pemerintah daerah setempat sangat mendukung pembangunan kawasan industri dan pelabuhan internasional di daerahnya.

"Hal-hal percepatan dan seluruhnya, kami semua sangat mendukung pelaksanaan pembangunan sehingga masyarakat Kaltara bisa menikmati dan berpartisipasi di kegiatan ini," katanya.

Setelah melakukan rapat, Menteri Sofyan Djalil bersama Menko Luhut dan Gubernur Kaltara meninjau persiapan kawasan industri di Tanah Kuning, salah satunya di kawasan Hak Guna Usaha (HGU) 34 yang berada di Desa Mangkupadi Kabupaten Bulungan.

Lokasi kawasan industri yang ada di Tanah Kuning ini seluas 10.100 hektare dan ditetapkan sebagai Program Strategis Nasional. (mcr18/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Mercurius Thomos Mone

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler