Menkokesra Nilai Bupati Karo tak Sigap

Rabu, 18 September 2013 – 16:43 WIB

jpnn.com - JAKARTA--Menkokesra Agung Laksono menyatakan saat ini status Gunung Sinabung di Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumut memasuki siaga tiga atau tanggap darurat.

Menurut Agung, dengan kondisi itu seharusnya Bupati Karo, Kena Ukur Karo Jambi Surbakti segera membuat pengumuman resmi dan tertulis kepada institusi daerah dan pusat sehingga semua bekerja sama mengantisipasi meletusnya gunung tersebut.

BACA JUGA: Kurangi Kepadatan Soekarno-Hatta, Bandara Halim Bakal Difungsikan

"Sebetulnya  sudah dinyatakan tanggap darurat tapi sampai kemarin belum ada keluar tertulis dari  bupati dan saya sudah tegur supaya disiapkan. Dengan demikian maka seluruh lini bisa bekerja dalam satu tempat," kata Agung dalam jumpa pers di kantornya, Jakarta, Rabu,  (18/9).

Selain itu, Agung juga menyesalkan belum adanya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di Kabupaten Karo. Menurutnya, Karo adalah salah satu tempat yang berada di lingkar ring of fire. Seharusnya pemerintah daerah sigap membentu BPBD yang dapat mengorganisir jika terjadi bencana. Terutama bencanaa gunung berapi.

BACA JUGA: Panglima TNI: Oknum yang Terlibat Penyekapan Pasti Disanksi

"Saya juga sudah ingatkan Bupati segera bentuk BPBD. Sekarang ini lebih banyak dilakukan oleh komandan Kodim dan Komandan Korem dengan hiraki pada kabupaten," kata Agung.

Agung menyatakan keberadaan BPBD penting karena saat bencana terjadi aparatur daerah harus menjadi garis terdepan untuk mengelola dan menanggulanginya dengan dibantu pemerintah pusat. (flo/jpnn)

BACA JUGA: SBY Sebut Perizinan di Indonesia Paling Berbelit

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Cegah KKN, Lamaran CPNS Lewat Pos dan Online


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler