Menkominfo Bilang Begini Soal Industri Gim Dalam Negeri di Ajang IGDX 2021

Sabtu, 20 November 2021 – 22:06 WIB
Menkominfo Johnny G Plate. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan pemerintah berkomitmen mendukung penuh perkembangan industri gim di dalam negeri.

Di antaranya, melalui penyelenggaraan Indonesia Game Developer Exchange (IGDX) 2021.

BACA JUGA: Tak Ada Solusi dari Pemprov DKI, Daerah ini Tetap Langganan Banjir Selama Puluhan Tahun

Kemenkominfo berupaya mendorong industri gim nasional menguasai pasar dalam negeri dan luar negeri.

"Kami ingin melihat para pelaku industri gim dalam negeri dapat menguasai pangsa pasar yang lebih besar di negeri sendiri."

BACA JUGA: Puluhan Guru dan Siswa Positif Covid-19, PTM Terpaksa Dihentikan

"Dapat menciptakan produk-produk gim yang bisa bersaing dengan developer global dan membuka mata dunia bahwa Indonesia bukan sekadar pasar, tetapi pemain penting dalam tatanan industri gim," ujar Menteri Johnny.

Dia menyatakan pandangannya melalui rekaman video pada IGDX 2021 Conference yang berlangsung hibrida dari Kuta, Bali, Sabtu (20/11).

BACA JUGA: Antisipasi Gelombang Ketiga COVID-19, Daerah ini Siap Mengaktifkan RS Lapangan

Menurut Menteri Johnny, Kominfo berupaya memanfaatkan momentum perkembangan industri gim dengan meningkatkan kualitas dan kapasitas ekosistem gim nasional.

"Sekali lagi, menyatakan ingin berada sebagai inisiator dalam menangkap momentum tersebut, sehingga bisa menghasilkan kebijakan dan program yang mendukung peningkatan kualitas dan kapasitas pelaku industri kreatif di Indonesia, secara khusus pelaku industri gim atau permainan di Indonesia," katanya.

Ada empat kegiatan utama yang digelar di ajang IGDX 2021. Yakni, IGDX Academy, IGDX Business, IGDX Career dan IGDX Conference.

Setiap kegiatan melibatkan banyak pihak dari pelaku industri gim baik dalam negeri maupun luar negeri.

Menteri Johnny juga mendorong pelaku pelaku industri gim Indonesia mampu meningkatkan kapasitas perusahaan dan mendapatkan pendanaan.

"Saya berharap teman-teman mampu mendapatkan pendanaan yang dibutuhkan untuk membuat produk permainan atau gim yang lebih berkualitas, juga meningkatkan kapasitas perusahaan yang teman-teman miliki," katanya.

Menkominfo lebih lanjut mengatakan pelibatan Asosiasi Game Indonesia (AGI) dalam IDGX merupakan upaya kolaborasi menjadikan kegiatan berlangsung menarik.

Dia berharap penyelenggaran IGDX 2021 dapat menjadi penghubung bagi talenta Indonesia di bidang gim untuk menemukan tempat mengembangkan diri dan membangun ekosistem gim dalam negeri.(gir/jpnn)


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler