Menkominfo Ingin BBPPT Memaksimalkan Penggunaan TKDN

Kamis, 17 Maret 2022 – 18:45 WIB
Menkominfo Johhny G Plate meminta BBPPT memaksimalkan penggunaan TKDN. Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mendorong Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT) memaksimalkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

Pembangunan Balai Besar Pusat Pengujian Perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan upaya Kementerian Telekomunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) untuk mengintegrasikan Indonesia menjadi bagian dari transformasi digital global.

BACA JUGA: Migrasi TV Digital Segera Dilakukan, Kemenkominfo Bagikan STB

"Walaupun kami sebagai konsumen teknologi TIK, tetapi kami harus memaksimalkan peran TKDN dan konten lokal dengan sebesar-besarnya," kata Johnny dalam keterangan persnya, Kamis (17/3).

BBPPT adalah pintu masuk bagi gawai-gawai yang masuk dari luar negeri yaitu sebagai tempat pengujian sebelum perangkat tersebut dipasarkan di Indonesia.

BACA JUGA: Menkominfo Johnny G Plate Kecam Aksi KKB Tembak Mati 8 Karyawan PTT

Oleh karena itu, BBPPT diharapkan mampu mengintegrasikan standar perangkat digital sesuai dengan acuan internasional.

Selain itu, BBPPT juga menguji produk lokal yang akan diekspor dan memberikan sertifikat untuk perangkat yang lolos standardisasi.

BACA JUGA: Menkominfo Sebut Animo Kembangkan Program Keahlian di NTT Masih Kurang

Kemudian, produk akan mendapatkan sertifikasi dari Indonesia, perangkat juga harus memenuhi standar global dan negara tempat ia dipasarkan.

"Kerja sama dalam jaringan laboratorium global juga perlu dilakukan dengan berbagai negara di dunia ini. Kita tidak hidup sendirian, kami bekerja di dalam jaringan. Mari bangun relasi," kata Menkominfo.

Kemenkominfo sedang membangun kompleks perkantoran baru untuk BBPPT di Tapos, Depok, Jawa Barat. Setelah gedung ini selesai, kantor BBPPT yang saat ini berada di Bintara, Bekasi, Jawa Barat akan pindah.

Pembangunan BBPPT menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara tahun anggaran 2022. Pemerintah sejak pandemi ini mengupayakan belanja APBN untuk produk-produk lokal.

Menteri Johnny pun mengingatkan untuk menggunakan produk dan hasil karya dalam negeri dalam pembangunan BBPPT.

"Juga berlaku untuk pemanfaatan jaringan, produk dan tenaga ahli lokal untuk membangun ekonomi lingkungan sekitar," ucapnya.

Dengan demikian, proyek ini bisa memberikan efek berganda, salah satunya bagi UMKM.

"Pembangunan BBPPT ditargetkan selesai hingga akhir tahun agar, setelah pindah, balai uji ini bisa beroperasi lagi pada akhir kuartal pertama 2023," tegas Menkominfo Johnny. (antara/mcr10/jpnn)


Redaktur & Reporter : Elvi Robia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
UMKM   Menkominfo   Kemenkominfo   TKDN   TIK   BBPPT  

Terpopuler