Menkumham Minta Dahlan Buka Nama Pemalak

Kamis, 01 November 2012 – 08:30 WIB
JAKARTA--Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Amir Syamsuddin mengimbau agar Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (Meneg BUMN) Dahlan Iskan mengungkapkan nama-nama oknum anggota dewan yang memalak BUMN. Menurutnya, fakta itu dibuka lebih baik, daripada timbul polemik berkepanjangan, dan membuat publik merangkai persepsinya masing-masing.

"Masalahnya, ini sudah menjadi konsumsi publik. Saya kira cara yang terbaik adalah memberikan penjelasan kalau memang ada oknumnya. Saya kira yang terbaik adalah agar isu ini tidak bergulir menjadi liar, tidak ada salahnya dibuka. Dengan cara terbuka itu, saya kira menjadi jelas," ujar Amir di rumahnya, Jakarta Selatan, Rabu malam (31/10).

Menurutnya, dengan terusnya berkembangnya polemik ini, justru akan merugikan Dahlan."Jangan sampai publik menganggap bahwa pak Dahlan mencoba mengangkat satu isu untuk menutupi isu lainnya. Itu kan harus kita cegah. Kita tahu bahwa selama ini pak Dahlan ini disayangi publik. Lalu muncul hal seperti ini, sangat disayangkan dan merugikan diri beliau sendiri," papar Amir.

Jika ada anggota dewan dari Fraksi Partai Demokrat, Amir mengaku tak masalah. Anggota Dewan Kehormatan Demokrat ini menyatakan, jika ada bukti keterlibatan anggota partainya, baru partai mengambil sikap.

"Tidak masalah. Itu tergantung nantinya. Tidak sekedar penyebutan. Tentunya harus disertai bukti. Tapi yang saya dengar pak Dahlan hari ini sudah membantah bahwa dia yang sampaikan inisial-inisial itu. Jadi sekarang alangkah baiknya dibuka saja," pungkas Amir.

Seperti diketahui, Dahlan Iskan mengaku telah mengantongi sekitar 10 nama Anggota DPR yang pernah meminta "upeti" ke perusahaan plat merah.  Setidaknya 10 nama itulah yang diketahui pernah meminta jatah kepada Direksi BUMN. Sayang, Dahlan menolak mengungkapkan nama-nama oknum anggota DPR yang bertindak seperti preman Senayan itu.

Ia juga mengaku sudah menanyai satu per satu Direksi BUMN, dan ternyata banyak yang pernah "dipalak" oknum anggota DPR. Meski demikian, Dahlan menyatakan  baru akan membuka identitas mereka jika DPR meminta secara resmi.(flo/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Direksi BUMN Punya Rekaman Oknum DPR Minta Uang

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler