MenPAN-RB Hitung Mundur 100 Hari Terakhir

Selasa, 01 Juli 2014 – 22:31 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Biasanya program 100 hari ditetapkan di awal ketika seorang pejabat baru dilantik. Namun hal berbeda dilakukan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Azwar Abubakar.

Jelang berakhirnya masa bakti Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II Oktober mendatang, politisi PAN ini menetapkan program 100 hari terakhir bidang pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi.

BACA JUGA: Surat Suara Masih Kurang 600 Ribu Lembar

Hal ini dilakukan untuk memastikan program-program yang telah direncanakan dapat berjalan di sisa waktu KIB II. "Reformasi birokrasi ibarat membangun fondasi di tengah sungai yang kebetulan belum hujan. Kita harus cepat menyelesaikan, jangan menunggu hujan datang," tegas Azwar Abubakar dalam jumpa pers di Media Center KemenPAN-RB, Selasa (1/7).

Dalam sisa waktu ini, KemenPAN-RB berusaha merampungkan PR-nya sebelum masa bakti pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berakhir. Azwar menyampaikan ada sejumlah program KemenPAN-RB yang akan diselesaikan dengan cepat.

BACA JUGA: Setelah Lengser, Presiden Takut Ditilang Polisi

Percepatan reformasi birokrasi dan penguatan akuntabilitas kinerja merupakan hal pertama yang harus dituntaskan. Dalam hal ini, KemenPAN-RB akan menyusun profil pelaksanaan reformasi birokrasi di pusat dan daerah.

"Kita punya langkah-langkah reformasi birokrasi di pemerintahan dari awal sampai mendapatkan hasilnya. Kita bisa mengukur bagaimana dan sampai mana pelaksanaan reformasi birokrasi di masing-masing tempat melalui sistem online yaitu Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi atau PMPRB," jelas Azwar.

BACA JUGA: Kasus Obor Rakyat Harus Tuntas Sebelum Pemungutan Suara

Selain itu, juga menyusun empat Peraturan MenPAN-RB sebagai pelaksanaan Perpres No. 29 tahun 2014 tentang Sistim Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

Keduanya merupakan program dari Kedeputian Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan yang akan dituntaskan sebelum Oktober 2014. (esy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kivlan Ajak Relawan Prabowo-Hatta Muliakan Ramadan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler