MenPAN&RB Pantau Langsung Tes CPNS Instansi Pusat

Jumat, 07 September 2012 – 18:18 WIB
JAKARTA - Tes CPNS akan dilakukan serentak besok (8/9). Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi(PAN&RB) , Azwar Abubakar, akan memantau langsung jalannya tes.

"Sesuai rencana, Pak Menteri (MenPAN&RB) akan melakukan peninjauan pada pelaksanaan tes di beberapa instansi pusat mulai pukul 08.00 WIB," ungkap Sekretaris MenPAN&RB, Tasdik Kinanto di Jakarta, Jumat (7/9).

Untuk instansi pusat, tes akan dilakukan di tiga lokasi yaitu, yakni gedung BPPK di Jalan Purnawarman Kebayoran Baru, Stadion Lebak Bulus, serta PRJ Kemayoran. MenPAN&RB akan memulai pemantauan tes CPNS Kementerian Keuangan  di BPPK Purnawarman, pukul.

Setelah itu, pukul 09.00 - 10.00 Azwar akan memantau pelaksanaan tes di Stadion Lebak Bulus yang digelar bagi CPNS  Kementerian Hukum dan HAM. "Lokasi pemantauan terakhir di PRJ Kemayoran pukul 10.00 - 11.00 WIB. Di sana pak menteri akan meninjau penerimaan CPNS untuk Kementerian Luar Negeri," terangnya.

Sebelumnya Azwar meminta para pejabat pembina kepegawaian (PPK) ikut mencegah terjadinya penyimpangan dalam proses seleksi CPNS. Meskipun memiliki wewenang untuk menentukan peserta tes yang akan diluluskan, namun PPK diharapkan tetap menaati ketentuan yang ada, sehingga CPNS yang lolos pun adalah calon terbaik.

“Memang para PPK yang mengumumkan hasilnya, tetapi yang mengolah orang lain, sehingga diharapkan tidak terjadi manipulasi,” ujarnya.

Terkait dengan masih adanya calo-calo yang mengaku bisa meloloskan dan memasukkan seseorang menjadi CPNS, Azwar mengingatkan masyarakat agar tidak percaya dengan bujuk rayu mereka. “Kami sangat serius, dan kami sangat ketat. Kalau masih ada yang ingin main-main, akan kami tindak tegas,” tegasnya.

Dia berharap rekruitmen CPNS tahun ini bisa menghasilkan aparatur yang bersih, kompeten dan melayani, sehingga bisa menjadi langkah strategis dalam percepatan reformasi birokrasi. (Esy/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Bela Zulkarnaen, Yusril Gunakan Pembuktian Terbalik

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler