Menpora Amali Buka Kejuaraan Dunia IFSC, Ini Harapannya

Sabtu, 24 September 2022 – 12:55 WIB
Menpora Zainudin Amali (dua dari kanan) bersama Ketum FPTI Yenny Wahid (paling kanan) saat menabuh genderang tanda pembukaan kejuaraan dunia IFSC di Jakarta, Sabtu (24/9) pagi. Foto: Amjad/JPNN.com.

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali secara resmi membuka kejuaraan dunia International Federation of Sport Climbing (IFSC) di Lot 17 SCBD, Jakarta, Sabtu (24/9) pagi.

Lebih dari 200 atlet panjat tebing dari puluhan negara di dunia ambil bagian dalam kejuaraan itu.

BACA JUGA: Menpora Amali Beri Kabar Baik untuk Timnas Indonesia

Menpora Amali dalam sambutannya menyampaikan salam hangat dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang tak bisa datang karena terbentur kegiatan kenegaraan lainnya.

Karena itu, Menpora Amali datang mewakili Presiden Jokowi.

BACA JUGA: Yenny Wahid Temui Anies Baswedan, Meminta Dukungan Soal Ini

"Saya menyampikan permohonan maaf Pak Presiden Joko Widodo. Sedianya beliau akan hadir, tetapi bersamaan dengan kegiatan lain. Beliau menyampikan salam hangat," ungkap Menpora Amali.

Dia mengatakan panjat tebing merupakan salah satu cabor unggulan dan masuk dalam desain besar olahraga nasional (DBON). 

BACA JUGA: Bamsoet Tinjau Kesiapan Kejuaraan Dunia Panjat Tebing 2022 di SCBD

Karena itu, orang nomor satu di dunia olahraga Indonesia tersebut berharap prestasi atlet Indonesia benar-benar terlihat saat tampil di rumah sendiri.

"Kami bangga, karena Ketua Umum FPTI Yenny Wahid bisa membawa kejuaraan dunia ke Indonesia. Ini mimpi lama yang akhirnya terwujud," jelas Menpora Amali.

Selama ini, lanjut Menpora Amali, atlet Indonesia bisa tampil maksimal di kejuaraan dunia di negara-negara lain. 

Kini, dia berharap prestasi itu bisa diraih saat tampil di Indonesia.

"Mudah-mudahan rekor yang dimiliki dan juara dunia yang dimiliki Indonesia, tetap dipertahankan bahkan rekornya bisa dipecahkan pada kejuaraan dunia kali ini," harap Menpora Amali. 

Memang, cabor panjat tebing menjadi salah satu andalan Indonesia untuk mendulang medali di ajang Olimpiade Paris 2024 nanti. 

Seiring adanya nomor speed yang diperebutkan medalinya, Amali berharap target lolos ke Olimpiade 2024 dan meraih medali di sana bisa dicapai. (dkk/jpnn)


Redaktur : M. Kusdharmadi
Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler