Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi membuka olimpiade yang digelar Perhimpunan Pelajar Indonesia Australia (PPIA) yang digelar di Sydney. Ia berharap kedepannya akan ada olimpiade bagi pelajar Indonesia di seluruh dunia.

PPIA menggelar olimpiade (OLYMPPIA) setiap dua tahun sekali dengan mempertandingkan sejumlah cabang olahraga, seperti bulutangkis, basket, tenis meja, dan futsal.

BACA JUGA: Pencari Suaka di Darwin Sakiti Diri Sendiri Karena Takut Dikirim ke Nauru

OLYMPPIA juga menggelar sejumlah kontes seni dan budaya, di antaranya kontes menyanyi, menari, dan fotografi.

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi berkesempatan membuka OLYMPPIA, yang digelar di Wollongong, sekitar satu jam dari kota Sydney, hari Sabtu (11/04/2015).

BACA JUGA: Meski Beban APBN Berat, Pemerintah Australia Janjikan Tak Ada Pajak Baru

Menpora Imam Nahrawi saat membuka OLYMPPIA di Wollongong, New South Wales. Foto: Facebook, KBRI Canberra.

 

Menpora Imam Nachrawi menyambut baik pertandingan olahraga yang dilakukan antarpelajar Indonesia yang berada di seluruh Australia tersebut.

BACA JUGA: Peneliti Sapi Australia Ingin Populerkan Jenis Senepol-Brahm

"[Saya] berharap ada yang berpotensi menjadi atlet-atlet handal bagi kontingen Indonesia di berbagai event olahraga internasional," ujar Imam, seperti yang dikutip dari situs Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Pelajar Indonesia yang tergabung dalam tim New South Wales (NSW) berhasil keluar menjadi juara umum OLYMPPIA 2015. Tim NSW salah satunya memenangkan pertandingan bulutangkis lewat penampilan Jesicca Putri dan Elisa Handayani Handoyo di nomor ganda putri.

Keduanya berhasil mengalahkan pasangan putri asal Kawasan Ibu Kota Australia (ACT). Tim pelajar Indonesia dari NSW menjadi juara umum OLYMPPIA 2015. Foto: Facebook, PPIA.

 

Di cabang sepakbola, tim Garuda FC yang diwakili pelajar Indonesia di negara bagian Victoria memenangkan pertandingan dengan skor akhir 2-0.

Tim pelajar Indonesia dari Australia Selatan berhasil keluar juara di nomor ganda putra bulutangkis, tenis tunggal putra, tenis meja ganda putra. Perwakilan Australia Selatan pun memenangkan juara pertama untuk lomba Tari Saman dan Tim terkompak dan terheboh.

Dari situs resmi Kedutaan Besar Republik Indonesia di Canberra, Menpora berharap ke depannya akan ada olimpiade pelajar Indonesia di tingkat dunia, dan pemerintah Indonesia akan mendukungnya jika harapannya bisa dilaksanakan.

Selain membuka OLYMPPIA, Menpora juga sempat berkunjung ke Sydney Olympic Games Park. Di komplek olahraga ini, Menpora sempat melihat gelanggang renang yang digunakan Sydney saat menjadi tuan rumah olimpiade di tahun 2000.

Kunjungan Menpora untuk melihat fasilitas-fasilitas olahraga ini berkaitan dengan rencana Indonesia sebagai penyelenggara Asian Games 2018.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sepak Takraw Mulai Naik Pamor di Australia

Berita Terkait